Pendidikan

Diantara Ayat Al Quran yang Mendorong K.H Ahmad Dahlan Mendirikan Muhammadiyah Adalah?

Ada beberapa ayat Al-Qur’an yang mendorong K.H Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah, diantaranya:

1. QS. Ali Imran ayat 104

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”

Ayat ini menekankan pentingnya dakwah dan amar ma’ruf nahi munkar, yang menjadi salah satu tujuan utama Muhammadiyah.

Baca juga: Mengenal Gerakan TBC Muhammadiyah, Singkatan, dan Metode Dakwahnya

2. QS. Al-Ma’un ayat 1-7

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.”

Ayat ini mendorong kepedulian terhadap orang-orang yang lemah dan miskin, yang menjadi fokus utama Muhammadiyah dalam bidang sosial.

3. QS. Al-Ashr ayat 1-3

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.”

Ayat ini menekankan pentingnya amal shaleh dan saling menasihati dalam kebenaran, yang menjadi landasan Muhammadiyah dalam membangun masyarakat Islam yang sejahtera dan berkemajuan.

Baca juga: Pengertian Khittah Muhammadiyah Secara Istilah Adalah?

4. QS. At-Taubah ayat 105

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”

Ayat ini menekankan pentingnya komitmen dan konsistensi dalam beriman dan beramal, yang menjadi semangat Muhammadiyah dalam menjalankan dakwahnya.

Selain ayat-ayat di atas, K.H Ahmad Dahlan juga terinspirasi oleh ayat-ayat lain yang mendorong untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, membangun peradaban Islam, dan meningkatkan kualitas hidup umat Islam.

K.H Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah berdasarkan dorongan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang menekankan pentingnya dakwah, amar ma’ruf nahi munkar, kepedulian sosial, amal shaleh, dan komitmen dalam beriman dan beramal.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker