Akademis

Apa settingan yang tepat untuk mengurangi kemiringan kendaraan saat berbelok sehingga dapat berbelok dengan stabil?

Apa settingan yang tepat untuk mengurangi kemiringan kendaraan saat berbelok sehingga dapat berbelok dengan stabil?

Jawaban:

Berikut adalah beberapa settingan yang tepat untuk mengurangi kemiringan kendaraan saat berbelok sehingga dapat berbelok dengan stabil:

1. Tekanan angin ban: Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasi mobil. Ban yang under-inflated (tekanan angin kurang) akan lebih mudah tergelincir saat berbelok.

Baca juga: Kelebihan transmisi CVT pada mobil dibandingkan dengan transmisi berjenis torque converter dan plantary gear adalah?

2. Ketinggian suspensi: Sesuaikan ketinggian suspensi mobil sesuai dengan kondisi jalan. Pada jalan yang berbelok-belok, suspensi yang lebih rendah dapat membantu mengurangi kemiringan kendaraan.

3. Stabilisator: Pasanglah stabilizer pada mobil. Stabilizer dapat membantu mengurangi kemiringan kendaraan saat berbelok.

4. Shock absorber: Periksa kondisi shock absorber. Shock absorber yang bocor atau lemah dapat menyebabkan handling mobil tidak stabil, sehingga mobil lebih mudah tergelincir saat berbelok.

5. Bushing suspensi: Periksa kondisi bushing suspensi. Bushing suspensi yang aus atau rusak dapat menyebabkan handling mobil tidak stabil, sehingga mobil lebih mudah tergelincir saat berbelok.

Baca juga: Fungsi dari IAT Sensor Pada Sepeda Motor Injeksi Yaitu?

6. Anti-roll Bars: Anti-roll bars, atau disebut juga sway bars, dapat dipasang untuk mengurangi kemiringan tubuh kendaraan saat berbelok. Ini adalah batang yang terhubung ke suspensi kendaraan dan membantu menjaga stabilitas tubuh kendaraan dengan membatasi pergerakan suspensi.

7. Elektronik Stabilitas Kendaraan (ESC): Banyak kendaraan modern dilengkapi dengan sistem kontrol stabilitas elektronik yang dapat membantu mencegah slip roda dan kehilangan kendali saat berbelok atau dalam situasi berkendara yang ekstrem.

8. Pengereman: Hindari pengereman mendadak saat berbelok.

9. Traksi: Pastikan ban mobil memiliki traksi yang baik dengan jalan. Hindari berbelok di jalan yang licin atau basah.

Baca juga: Berikut ini merupakan teknologi yang merubah camshaft timing dengan menggunakan tekanan hidrolis yaitu?

Berikut beberapa tips tambahan:

  • Lakukan spooring dan balancing secara berkala untuk memastikan roda mobil sejajar dan seimbang.
  • Gunakan ban dengan kualitas yang baik.
  • Periksa kondisi rem mobil secara berkala.
  • Pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)