Akademis

Pada motor dengan PGM-FI terdapat sensor yang berfungsi sebagai pengaman motor dalam posisi miring pada sudut tertentu, yaitu?

Pada motor dengan PGM-FI terdapat sensor yang berfungsi sebagai pengaman motor dalam posisi miring pada sudut tertentu, yaitu?

Jawaban:

Pada motor dengan PGM-FI (Programmed Fuel Injection) sensor yang berfungsi sebagai pengaman motor dalam posisi miring pada sudut tertentu adalah sensor sudut kemiringan (tilt sensor).

Sensor ini juga dikenal dengan nama lain seperti Bank Angle Sensor, Lean Angle Sensor, atau Tip Over Sensor.

Baca juga: Bagaimana Prinsip Kerja Idling Stop System Pada Motor?

Fungsi utama dari sensor ini adalah untuk mendeteksi jika motor terjatuh atau dalam posisi miring yang tidak biasa.

Ketika sensor kemiringan mendeteksi bahwa motor berada dalam sudut kemiringan tertentu, sistem PGM-FI dapat merespons dengan membatasi atau memutus pasokan bahan bakar ke mesin.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada mesin atau kecelakaan lebih lanjut yang dapat terjadi jika motor terus berjalan dalam posisi miring.

Baca juga: Komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memutus aliran bahan bakar pada saat kendaraan diperlambat yaitu?

Sensor kemiringan ini merupakan salah satu fitur keamanan yang umumnya ditemukan pada sebagian besar motor modern yang dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik seperti PGM-FI.

Fitur ini membantu meningkatkan keselamatan pengendara dan mencegah kerusakan mesin akibat terjatuh.

Sensor sudut kemiringan biasanya terletak di bawah jok motor. Namun, pada beberapa model motor, sensor ini dapat ditemukan di dekat ECU (Engine Control Unit).

Baca juga: Karburator mengirim campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan?

Cara kerja sensor sudut kemiringan:

  • Sensor ini menggunakan bola logam (ball bearing) yang bergerak di dalam tabung.
  • Ketika motor miring pada sudut tertentu, bola logam akan bergerak dan mengaktifkan sakelar.
  • Sakelar ini akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk mematikan mesin.

Beberapa contoh motor dengan PGM-FI yang dilengkapi sensor sudut kemiringan seperti Honda Vario 150/125, Yamaha Mio M3 125, Suzuki Nex II, dan Kawasaki Ninja ZX-25R.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)