Kata pokok atau kata yang belum mendapatkan tambahan apapun, baik tambahan di depan kata, di tengan maupn di akhir kata, dinamakan kata?

Sastrawacana.id

Kata pokok atau kata yang belum mendapatkan tambahan apapun, baik tambahan di depan kata, di tengan maupn di akhir kata, dinamakan kata
Kata pokok atau kata yang belum mendapatkan tambahan apapun, baik tambahan di depan kata, di tengan maupn di akhir kata, dinamakan kata? (Pexels/RDNE Stock project)

Kata pokok atau kata yang belum mendapatkan tambahan apapun, baik tambahan di depan kata, di tengan maupn di akhir kata, dinamakan kata?

Jawaban:

Kata pokok atau kata yang belum mendapatkan tambahan apapun, baik tambahan di depan kata, di tengah maupun di akhir kata, dinamakan kata dasar.

Baca juga: Kata pokok yang mendapatkan tambahan awalan, sisipan, akhiran atau awalan dan akhiran sekaligus, dinamakan kata?

Kata dasar merupakan bentuk paling dasar dari sebuah kata, belum mengalami proses afiksasi seperti penambahan awalan, sisipan, atau akhiran.

Ini adalah bentuk kata yang menjadi dasar bagi pembentukan kata-kata turunan atau kata turunan lainnya dalam bahasa.

Kata dasar biasanya merupakan kata yang memiliki makna yang paling sederhana dan tidak bersifat turunan dari kata lain.

Misalnya, dalam kata “buku”, “makan”, atau “rumah”, kata-kata tersebut merupakan contoh dari kata dasar karena tidak memiliki tambahan awalan, sisipan, atau akhiran.

Baca juga: Kata yang secara sintaksis, susunan kalimatnya terdapat atau terletak berada di depan kata benda, kata sifat atau kata keterangan, disebut kata?

Kata dasar dapat berubah menjadi kata turunan dengan menambahkan imbuhan. Imbuhan ini bisa berupa awalan, akhiran, sisipan, atau gabungan dari beberapa imbuhan.

Contoh kata turunan:

  • Awalan: berlari, menulis, memakan
  • Akhiran: tulisan, makanan, ambilkan.
  • Sisipan: gemetar, serabut.
  • Gabungan imbuhan: bermain-main, menyanyi-nyanyi, terbang-terbangan.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia