Akademis

Yang berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi yaitu?

Yang berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi yaitu?

Jawaban:

Komponen yang berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi yaitu kepala silinder (cylinder head).

Baca juga: Fungsi dari Crankshaft Position Sensor Yaitu?

Kepala silinder adalah komponen mesin yang terletak di bagian atas blok silinder dan berfungsi sebagai tempat penutup lubang-lubang silinder serta tempat dudukan busi.

Di dalam kepala silinder juga terdapat katup-katup yang mengatur masuknya udara dan bahan bakar serta keluarnya gas buang dari ruang bakar.

Baca juga: Fungsi Kumparan Sekunder Pada Coil Adalah? Ini Jawabannya

Kepala silinder terbuat dari logam tahan panas, seperti aluminium atau besi cor. Selain sebagai penutup lubang silinder, kepala silinder juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu:

  • Tempat dudukan katup: Katup masuk dan keluar yang mengatur aliran udara dan bahan bakar ke dalam dan keluar dari ruang bakar terdapat pada kepala silinder.
  • Ruang bakar: Ruang bakar adalah tempat di mana campuran udara dan bahan bakar dibakar.
  • Saluran pendingin: Saluran pendingin air atau oli terdapat pada kepala silinder untuk membantu menjaga suhu mesin tetap optimal.
  • Tempat dudukan busi: Busi yang menghasilkan percikan api untuk memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar terdapat pada kepala silinder.

Kepala silinder merupakan salah satu komponen penting dalam mesin. Kerusakan pada kepala silinder dapat menyebabkan masalah serius pada mesin, seperti overheating, kehilangan kompresi, dan kebocoran oli.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)