Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas

Sastrawacana.id

Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas
Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas (pexels/Pavel Danilyuk)

Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?

A. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar konsisten

B. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktek yang banyak, sehingga murid-murid harus menguasai semua perangkat dala laboratorium sebelum kelas dimulai.

C. Ia dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana ini bermakna dala kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

D. Ia dapat langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga murid terbiasa.

Jawaban:

C. Ia dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana ini bermakna dala kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Baca juga: Mengapa pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?

Pembahasan:

Berikut beberapa alasan mengapa jawaban C lebih tepat dibandingkan jawaban lainnya:

1. Menjelaskan materi secara umum

Memberikan gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari membantu murid memahami konteks dan tujuan pembelajaran. Hal ini meningkatkan rasa ingin tahu dan motivasi mereka untuk belajar.

2. Memantik pengetahuan murid

Mengajukan pertanyaan terkait materi atau menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki murid membantu mereka menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan lama, sehingga pembelajaran lebih bermakna.

3. Menjelaskan makna dalam kehidupan sehari-hari

Menunjukkan bagaimana materi tersebut relevan dengan kehidupan sehari-hari membantu murid melihat manfaat dan aplikasi praktis dari apa yang mereka pelajari, meningkatkan minat dan motivasi belajar.

4. Menyampaikan tujuan pembelajaran

Menjelaskan tujuan pembelajaran membantu murid memahami apa yang diharapkan dari mereka dan apa yang ingin mereka capai dalam pembelajaran.

Baca juga: Bagaimana perwujudan “menuntun” yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya

Alasan mengapa jawaban lain kurang tepat:

A: Menekankan kesulitan materi dapat membuat murid takut dan tidak bersemangat.

B: Meminta penguasaan semua perangkat lab sebelum kelas dimulai tidak relevan jika tidak langsung digunakan di awal pembelajaran.

D: Langsung menjelaskan dan memberi soal tanpa penjelasan awal dapat membuat murid bingung dan frustrasi.

Kesimpulan:

Memberikan penjelasan umum, memantik pengetahuan, menunjukkan makna dalam kehidupan sehari-hari, dan menjelaskan tujuan pembelajaran di awal pembelajaran merupakan strategi yang lebih efektif untuk menarik minat dan motivasi murid, serta membantu mereka memahami materi dengan lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia