Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu…

1. Karbohidrat

Merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dapat ditemukan dalam makanan seperti nasi, roti, kentang, jagung, dan ubi jalar.

Baca juga: 10 Sayuran untuk Ibu Menyusui, Agar ASI Lancar dan Bernutrisi

2. Protein

Berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein dapat ditemukan dalam makanan seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu.

3. Lemak

Berfungsi sebagai sumber energi cadangan, membantu penyerapan vitamin, dan melindungi organ tubuh. Lemak dapat ditemukan dalam makanan seperti minyak goreng, mentega, daging berlemak, dan ikan berlemak.

4. Vitamin

Membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan susu.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

5. Mineral

Membantu membangun tulang dan gigi, serta membantu fungsi organ tubuh. Mineral dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan, seperti susu, daging, ikan, dan sayur-sayuran.

6. Air

Membantu proses metabolisme tubuh, mengatur suhu tubuh, dan membantu penyerapan vitamin dan mineral. Air dapat ditemukan dalam air putih, jus buah, dan sup.

Keenam zat gizi tersebut harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan yang beragam dan bergizi seimbang adalah kunci untuk mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Previous Post Next Post