Alat Untuk Mengganti Ban Motor di Planet Ban Disebut?

Alat untuk mengganti ban motor di planet ban disebut Tire Changer.

Tire changer yang diterjemahkan menjadi alat bongkar pasang ban atau mesin bongkar pasang ban adalah peralatan khusus yang digunakan di bengkel seperti Planet Ban untuk mempermudah dan mempercepat proses melepas dan memasang ban pada velg motor atau mobil.

Baca juga: Sebutkan Beberapa Layanan yang Dapat Dilakukan di Planet Ban

Komponen Tire Changer

Alat ini memiliki beberapa komponen utama:

  • Unit putar: Ini adalah bagian tempat velg dipasang. Velg dapat dijepit dan diputar untuk memudahkan proses pelepasan dan pemasangan ban.
  • Kepala bongkar ban (bead breaker): Komponen ini berfungsi untuk melepaskan bead (bibir) ban dari velg. Biasanya berupa lengan mekanis yang menekan bead ban sehingga terlepas dari velg.
  • Unit pencongkel ban (tire iron arm): Bagian ini dilengkapi dengan lengan dan sendok ban (tire iron) yang digunakan untuk mencongkel dan mengangkat ban dari velg.
  • Unit penekan ban (tire mounting arm): Fungsinya untuk menekan ban baru ke velg saat proses pemasangan.
  • Alat inflasi ban (air inflator): Digunakan untuk mengisi angin ke dalam ban setelah terpasang pada velg.

Baca juga: Apa Itu Torque Converter? Ini Pengertian dan Fungsinya

Jenis Tire Changer

Tire Changer memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Tire changer manual: Dioperasikan secara manual menggunakan tenaga manusia. Umumnya digunakan untuk bengkel kecil atau tambal ban pinggir jalan.
  • Tire changer semi-otomatis: Menggunakan bantuan tenaga pneumatik untuk beberapa fungsi, seperti penekan ban dan pelepas bead ban.
  • Tire changer otomatis: Sepenuhnya otomatis dan dikendalikan secara elektronik. Umumnya digunakan di bengkel besar dan toko ban seperti Planet Ban.

Dengan menggunakan Tire Changer dapat mempercepat proses bongkar pasang ban. meminimalisir resiko kerusakan pada ban dan velg, memudahkan pekerjaan teknisi, dan meningkatkan produktivitas bengkel.

Previous Post Next Post