Andi mempunyai rasa percaya diri yang sangat rendah, dia sama sekali belum berani...

Andi mempunyai rasa percaya diri yang sangat rendah, dia sama sekali belum berani menunjukkan kemampuan dirinya di kelas. Dia lebih sering melamun dan murung di kelas. Kelas membuatnya tidak bahagia.

Ibu Dewi sebagai guru kelas berusaha untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, serta mewujudkan profil pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi mandiri.

Tantangan yang dihadapi Bu Dewi berkaitan dengan lingkungan kelas yang berhubungan dengan…

Jawaban:

Tantangan yang dihadapi Bu Dewi berkaitan dengan lingkungan kelas yang berhubungan dengan upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Andi memiliki rasa percaya diri yang rendah dan tidak berani menunjukkan kemampuannya di kelas. Dia lebih sering melamun dan murung, menunjukkan ketidakbahagiaannya di kelas.

Hal ini dapat menjadi hambatan bagi Bu Dewi dalam menciptakan lingkungan kelas yang aktif dan partisipatif.

Ketidakaktifan Andi dapat menular kepada murid lain, menurunkan motivasi dan semangat belajar di kelas.

Selain itu, ketidakaktifan Andi dapat menghambat interaksi dan kolaborasi antar murid di kelas.

Hal ini penting untuk membangun rasa saling percaya dan respek, serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Baca juga: Dalam Rapat Pengurus Komite Sekolah di SMA Raya, Telah Disepakati Akan…

Andi membutuhkan dukungan sosial dan emosional untuk mengatasi rasa percaya diri yang rendah dan meningkatkan kebahagiaannya di kelas.

Sehingga Bu Dewi perlu menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan inklusif.

Bu Dewi dapat mengobrol dengan Andi untuk memahami perasaannya dan mencari tahu apa yang membuatnya tidak nyaman di kelas.

Memberikan dukungan dan motivasi kepada Andi juga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Lantas, perlu juga memberikan kesempatan kepada Andi untuk menunjukkan kemampuannya di kelas.

Menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan semua murid di kelas, seperti diskusi kelompok, proyek, dan presentasi.

Memberikan kesempatan kepada murid untuk memimpin dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, Bu Dewi dapat menciptakan lingkungan kelas yang lebih kondusif untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Previous Post Next Post