Bagaimana Keadaan Sosial Negara Thailand? Ini Jawabannya

Thailand adalah negara di Asia Tenggara yang terletak di Semenanjung Indochina yang menganut sistem monarki konstitusional dengan Raja sebagai kepala negara.

Thailand terkenal dengan budaya Buddha Theravada yang dominan, serta seni bela diri Muay Thai, dan festival yang cukup semarak.

Di Asia Tenggara, Thailand menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua, didorong oleh sektor pariwisata, manufaktur, dan pertanian.

Menurut data terkini dari worldometers, jumlah penduduk Thailand 71,863,478 per Maret 2024.

Baca juga: Mengapa Laos Disebut Sebagai Negara yang Terkurung di Asia Tenggara?

Mata Pencaharian

Mata pencaharian masyarakat Thailand terbagi dalam tiga sektor utama: pertanian, manufaktur, dan jasa.

1. Pertanian

Thailand adalah negara dengan sektor pertanian yang kuat. Ini tidak mengherankan karena didukung oleh kondisi tanah yang subur.

Sekitar 60% penduduk Thailand bekerja di bidang pertanian, terutama menanam padi, karet, tebu, dan buah-buahan. Thailand merupakan negara pengekspor terbesar produk pertanian dunia.

2. Manufaktur

Sektor manufaktur berkembang pesat di Thailand. Kontributor terbesarnya berasal dari konstruksi, listrik, air, dan gas.

Sekitar 35% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Thailand berasal dari sektor manufaktur. Produk manufaktur utama Thailand termasuk mobil, elektronik, tekstil, dan makanan olahan.

3. Jasa

Sektor jasa semakin penting bagi perekonomian Thailand, terutama pariwisata. Thailand merupakan destinasi wisata populer yang terkenal dengan pantai yang indah, kuil yang megah, dan budayanya yang unik.

Selain pariwisata, sektor jasa lainnya yang berkembang pesat adalah keuangan, kesehatan, dan pendidikan.

Baca juga: 10 Manfaat Perdagangan Internasional Untuk Kemajuan Sebuah Negara

Bahasa

Bahasa Thailand yang juga dikenal sebagai bahasa Thai adalah bahasa resmi dan bahasa utama yang digunakan di Thailand.

Bahasa Thai adalah satu-satunya bahasa resmi di negara tersebut dan merupakan bahasa ibu bagi mayoritas penduduk Thailand.

Bahasa Thailand memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dengan pengaruh dari berbagai budaya dan bahasa, termasuk bahasa Sanskerta, Pali, Khmer, dan bahasa Tionghoa.

Hal ini mencerminkan sejarah Thailand sebagai pusat kebudayaan dan agama di kawasan tersebut, serta hubungan sejarahnya dengan negara-negara tetangga dan budaya-budaya lainnya.

Previous Post Next Post