Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya

Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?

Jawaban:

Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) tentang pendidikan holistik yang berpusat pada murid sangatlah relevan untuk dikontekstualisasikan dengan nilai-nilai luhur kearifan lokal di daerah Jawa Timur.

Kearifan lokal Jatim memiliki banyak nilai yang sejalan dengan pemikiran KHD, seperti gotong royong, kebersamaan, penghormatan terhadap leluhur, dan pelestarian alam.

Nilai-nilai Kearifan Lokal Jawa Timur

  • Gotong royong: Nilai ini tercermin dalam tradisi kerja bakti yang dilakukan masyarakat Jawa Timur untuk menyelesaikan pekerjaan bersama.
  • Kebersamaan: Nilai ini terlihat dalam tradisi “sedekah bumi” yang mempererat hubungan antar warga.
  • Penghormatan terhadap leluhur: Nilai ini tertanam dalam tradisi “ziarah” yang dilakukan masyarakat untuk mendoakan leluhur.
  • Pelestarian alam: Nilai ini tercermin dalam tradisi “larung sesaji” sebagai bentuk rasa syukur kepada alam.

Kontekstualisasi Pemikiran KHD dengan Kearifan Lokal

  • Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Kurikulum pendidikan dapat memasukkan materi tentang budaya dan tradisi lokal, seperti sejarah Jawa Timur, bahasa Jawa, dan seni tari.
  • Metode Pembelajaran Kolaboratif: Siswa dapat didorong untuk belajar secara berkelompok dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas.
  • Projek Berbasis Kearifan Lokal: Siswa dapat dilibatkan dalam projek pelestarian budaya lokal, seperti membersihkan situs budaya, mempelajari bahasa daerah, dan melestarikan seni tradisional.
  • Penanaman Nilai-nilai Kearifan Lokal: Nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, penghormatan terhadap leluhur, dan pelestarian alam dapat ditanamkan kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah.

Pengaruh Kontekstualisasi Pemikiran KHD

  • Penguatan Karakter Murid: Murid akan memiliki karakter yang kuat sebagai individu dan anggota masyarakat, seperti mandiri, bertanggung jawab, bergotong royong, dan peduli terhadap lingkungan.
  • Peningkatan Rasa Cinta Tanah Air: Murid akan memiliki rasa cinta tanah air yang kuat dan bangga terhadap budaya lokal.
  • Pelestarian Kearifan Lokal: Kearifan lokal akan terjaga dan dilestarikan untuk generasi berikutnya.
Previous Post Next Post