Hasil sweeping narkoba ditemukan seorang siswi bernama yesiko kedapatan menyimpan sabu-sabu

Hasil sweeping narkoba ditemukan seorang siswi bernama Yesiko kedapatan menyimpan sabu-sabu di dalam tasnya.

Pihak kepolisian meminta izin kepada kepala sekolah untuk membawa yesiko ke kantor polisi untuk diproses.

Namun yesiko berusaha meyakinkan diri atas tuduhan tersebut sehingga muncul kebimbangan pada diri kepala sekolah terhadap kepemilikan barang terlarang tersebut.

Apalagi, selama ini yesiko berkelakuan baik dan berprestasi. Kepala sekolah memutuskan untuk menyelesaikan kasus ini secara bersama dengan kepolisian dan badan narkotika daerah.

Selanjutnya sekolah melalui program say no to drugs berusaha meyakinkan semua pihak bahwa dengan program tersebut tidak akan ada lagi korban penggunaan barang terlarang di sekolah itu.

Berdasarkan kasus di atas, unsur yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh kepala sekolah, kecuali….

A. Berpihak pada murid
B. Berdasarkan nilai-nilai kebajikan
C. Memahami situasi yang dihadapi siswa
D. Bekerja sama dengan pihak terkait

Jawaban:

C. Memahami situasi yang dihadapi siswa

Baca juga: Dalam Rapat Pengurus Komite Sekolah di SMA Raya, Telah Disepakati Akan…

Pembahasan:

Dalam masalah ini, kepala sekolah sudah melakukan banayk pertimbangan sebelum membuat keputusan karena kasus yang dialami oleh Yesiko cukup berat.

Ia adalah seorang siswi, tapi justru menyimpan narkoba di dalam tasnya. Tentu ini sebuah pelanggaran berat dan harus ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Kendati demikian, kepala sekolah harus mempertimbangkan berbagai aspek dalam kasus Yesiko ini.

Ketika Kepala Sekolah menyelesaikan masalah ini dengan pihak yang berwenang, maka kepala sekolah telah menunjukkan sikap bagaimana seharusnya warga negara patuh dengan hukum yang berlaku.

Baca juga: Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat…

Kemudian, kepala sekolah juga harus bijaksana dalam hal ini, yakni memastikan bahwa hak-hak Yesiko tetap dihormati sebagai seorang murid di sekolah.

Dengan menyelesaikan masalah ini bersama pihak terkait, kepala sekolah berarti menjaga nilai-nilai kebajikan yang diajarkan di sekolah, seperti kejujuran, tanggung jawab, serta keselamatan siswa.

Namun pada akhirnya keputusan kepala sekolah dapat menjadi pembelajaran bagi murid lainnya bahwa penggunaan narkotika adalah perbuatan yang dilarang oleh agama maupun negara.

Sebab, narkotika dapat merusak dan membunuh secara perlahan.

Previous Post Next Post