Maria bersekolah masih harus selalu ditemani ayahnya...

Maria bersekolah masih harus selalu ditemani ayahnya. Pada saat tugas menyanyi di depan kelas, Maria selalu berlari ke belakang sebelum lagunya selesai. Bahkan Maria kadang tidak mau menyanyi sama sekali.

Orang tuanya berharap Maria menjqadin anak yang ramah dan berani, tapi Maria tidak percaya diri dan selalu menundukkan kepalanya karena grogi dan malu.

Ibu Dewi sebagai guru kelas berusaha untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, serta mewujudkan profil pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi mandiri.

Tantangan yang dihadapi Bu Dewi berkaitan dengan lingkungan kelas yang berhubungan dengan…

A. Menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif
B. Keterampilan berinteraksi sosial secara arif, positif dan bijaksana.
C. Menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.
D. Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri
E. Menentukan tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui kepentingan individu.

Jawaban:

D. Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri.

Pembahasan:

Pada masalah ini, Bu Dewi dihadapkan pada tantangan terkait menempatkan murid sedemikian rupa sehingga mereka terlibat secara aktif dalam proses belajarnya sendiri.

Salah satu muridnya bernama Maria terlihat tidak percaya diri dan kesulitan dalam karakternya, terutama urusan kepercayaan diri.

Ketika diminta nyanyi di depan kelas, ia merasa grogi dan bakan lari sebelum lagunya selesai.

Sikap Maria tersebut menunjukkan jika dirinya tidak nyaman. Alhasil, Maria tidak dapat mengikuti pembelajaran di kelas secara aktif dan efektif.

Maka, Bu Dewi sebagai guru kelas harus mencari strategi yang tepat untuk membantu Maria agar percaya diri di kelas.

Sebab, ketika seorang siswa sudah memiliki rasa percaya diri, maka dalam kegiatan belajar, ia akan aktif tanpa ragu dan tanpa malu.

Salah satu pendekatan yang dapat diadopsi oleh Bu Dewi adalah dengan menempatkan murid secara efektif.

Menempatkan murid secara efektif di kelas dapat membantu meningkatkan fokus, partisipasi, dan hasil belajar mereka.

Menempatkan murid secara efektif adalah proses yang berkelanjutan. Dengan mencoba beberapa strategi dan memperhatikan kebutuhan masing-masing murid, guru dapat menemukan cara terbaik untuk menempatkan murid di kelas.

Previous Post Next Post