Partisipasi UMSU dalam Pameran APAIE di Australia untuk Wujudkan Program Internasionalisasi Kampus

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti pameran pendidikan tinggi Asia Pacific Association for International Education (APAIE) di Perth, Australia (4-8 Maret 2024) dalam Upaya mewujudkan program internasionalisasi kampus.

Pameran ini bertujuan untuk menyatukan ribuan praktisi pendidikan tinggi dari seluruh dunia, memfasilitasi kerjasama dan kolaborasi antar-perguruan tinggi.

UMSU, dalam partisipasinya, memiliki stand pameran di lokasi W-31, yang mempersembahkan profil dan informasi rinci mengenai institusi, fakultas, program studi, serta kegiatan kerjasama dan peluang kolaborasi yang tersedia.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa S2 Luar Negeri Kominfo 2024 Dibuka, Cek Syaratnya

Wakil Rektor (WR) III UMSU Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Rudianto, didampingi Sekretaris Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional, M Sharez Hafiz, serta Ketua Pusat Bahasa UMSU, Muhammad Rafii, mewakili kehadiran UMSU pada acara tersebut.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani MAP, menjelaskan bahwa partisipasi kampusnya dalam ajang internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan UMSU kepada perguruan tinggi di seluruh dunia, dengan tujuan membangun kerjasama dan kolaborasi di berbagai bidang seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaboratif, forum ilmiah, dan sebagainya.

“Langkah ini, dilakukan untuk menjawab tantangan internasionalisasi pendidikan tinggi yang tidao hisa dihindari. UMSU bertekad membangun kolaborasi internasional dengan institusi lakn dari berbagai negara, salah satunya lewat pameran di Australia ini,” ucap Agussani, (6/3/2024).

Wakil Rektor III UMSU, Rudianto, menjelaskan bahwa ekspo di Perth ini diikuti oleh lebih dari 2500 peserta dari berbagai kampus, termasuk dari Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Jepang, Australia, Malaysia, India, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Korea, Slovakia, Indonesia, dan negara lainnya.

Terdapat lebih dari 500 stand pameran, termasuk partisipasi dari UMSU dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah stand UMSU tidak pernah sepi dari kunjungan tamu dari Asia, Eropa, Amerika” Mereka antusias bermitra dengan kita,” ujar Rudianto.

Baca juga: Polteknaker Buka Beasiswa Mahasiswa Baru Tahun 2024-2025, Ini Syaratnya

Perlu diketahui bahwa beberapa kampus terkenal juga menampilkan stand pameran, termasuk University of Melbourne Australia, Monash University Australia, National University of Singapore, dan University Malaya Malaysia.

Selanjutnya, beberapa kampus seperti National University of Australia, Curtin University Australia, University of Toronto Canada, Nagoya University Japan, University of California Berkeley USA, dan lainnya, turut serta dalam pameran.

Dari Indonesia, beberapa kampus yang membuka stand melibatkan UMSU, UI, USU, UNPAD, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Previous Post Next Post