Perkembangan mekanisme katup yang menggunakan 2 rocker arm untuk membuka dan mengembalikan katup agar tertutup kembali yaitu?

Perkembangan mekanisme katup yang menggunakan 2 rocker arm untuk membuka dan mengembalikan katup agar tertutup kembali yaitu?

Jawaban:

Berikut adalah perkembangan mekanisme katup yang menggunakan 2 rocker arm untuk membuka dan mengembalikan katup agar tertutup kembali:

1. Mekanisme Katup Sidevalve (SV)

Mekanisme katup SV merupakan desain awal yang menggunakan 2 rocker arm.

Katup terletak di samping ruang bakar dan dioperasikan oleh rocker arm yang dihubungkan ke camshaft.

Desain ini sederhana dan murah, namun memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Performa yang terbatas: Katup SV memiliki diameter yang kecil dan tidak dapat membuka dan menutup dengan cepat, sehingga membatasi aliran udara dan gas buang.
  • Keandalan yang rendah: Rocker arm pada desain SV rentan aus dan bengkok, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih sering.

Baca juga: Kelebihan transmisi CVT pada mobil dibandingkan dengan transmisi berjenis torque converter dan plantary gear adalah?

2. Mekanisme Katup Overhead Valve (OHV)

Mekanisme katup OHV memindahkan katup ke atas kepala silinder.

Desain ini memungkinkan penggunaan katup yang lebih besar dan camshaft yang lebih kompleks, sehingga meningkatkan performa mesin. 2 rocker arm masih digunakan, namun desainnya lebih ringan dan efisien.

3. Mekanisme Katup Single Overhead Camshaft (SOHC)

Mekanisme katup SOHC menggunakan satu camshaft di atas kepala silinder untuk mengoperasikan katup melalui rocker arm.

Desain ini lebih ringkas dan ringan dibandingkan OHV, namun masih memiliki beberapa keterbatasan dalam performa.

Baca juga: Berikut ini merupakan teknologi yang merubah camshaft timing dengan menggunakan tekanan hidrolis yaitu?

4. Mekanisme Katup Double Overhead Camshaft (DOHC)

Mekanisme katup DOHC menggunakan dua camshaft di atas kepala silinder, satu untuk katup masuk dan satu untuk katup buang.

Desain ini memungkinkan kontrol katup yang lebih presisi dan meningkatkan performa mesin secara signifikan. 2 rocker arm masih digunakan, namun desainnya semakin canggih dan terbuat dari bahan yang lebih kuat.

Baca juga: Fungsi dari IAT Sensor Pada Sepeda Motor Injeksi Yaitu?

5. Mekanisme Katup Variable Valve Timing (VVT)

Mekanisme katup VVT memungkinkan camshaft untuk mengubah waktu buka dan tutup katup, sehingga meningkatkan efisiensi dan performa mesin.

VVT dapat diimplementasikan pada mekanisme OHV, SOHC, dan DOHC.

Previous Post Next Post