Puasa Hari Pertama? Ini Ide Menu Berbuka Agar Tubuh Tetap Fit

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Selama bulan suci, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, yakni menahan diri dari makan, minum, serta tindakan-tindakan tertentu mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Biasanya, puasa hari pertama adalah momen yang cukup berat dilalui, apalagi bagi yang baru menjalankan puasa.

Nah, agar puasa semakin semangat dan tubuh tetap fit, berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu berbuka di hari pertama. Yuk disimak!

1. Kurma

Buah kurma memang identik dengan bulan Ramadan karena memang manfaatnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kandungan nutrisi dan serat yang terdapat dalam kurma mampu mengembalikan energi kita yang mungkin merasa lemas karena menahan makan dan minum seharian.

Lantas, yang cukup penting adalah kurma dapat membuat kenyang dengan mudah sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan.

Kurma biasanya dikonsumsi ketika buka puasa. Jadi, ketika azan berkumandang, disarankan untuk makan kurma, bukan makanan berat.

Sebab, ketika langsung makan berat justru membuat tubuh lemas dan akhirnya enggan untuk mengikuti salat tarawih.

2. Daging ayam tanpa kulit

Menu buka puasa selanjutnya adalah daging ayam tanpa kulit karena mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, hingga protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kita bisa mengkreasikan daging ayam untuk berbagai olahan, seperti sup ayam, opor ayam, tumis ayam, direbus, digoreng, maupun dipanggang.

3. Sayur Sup

Ketika berbuka memang paling nikmat dengan sayuran yang menggugah selera seperti sup.

Selain nikmat, sayur sup juga bisa mengembalikan cairan tubuh akibat puasa seharian.

Kita bisa mengolah sup dengan campuran daging, pentol, sosis, jamur, dan sebagainya.

4. Omelet Sayur

Buat yang tidak ingin ribet tapi menunya nikmat, kita bisa membuat omelet sayur. Menu ini cukup mudah dibuat dan tidak memakan waktu lama.

Kita bisa memasukkan bahan lain seperti tomat, wortel, kubis, dan irisan cabai agar omelet sekain nikmat untuk disantap.

5. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang yang pedas memang bisa menambah nafsu makan, sehingga tidak ada salahnya kamu mencoba menu ini untuk berbuka puasa.

Selain nikmat, nutrisi pada kentang juga cukup bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

6. Sayur Bening

Buka puasa enak dengan menu yang segar-segar seperti sayur bening. Kita bisa membuat sayur bening dari bayam, timun, manisa, atau kelor.

Sebagai pelengkap, lauknya bisa menggunakan ikan asin, tempe, dan tahu. Jangan lupa juga ditambah sambal agar nafsu makan semakin meningkat.

8. Air Mineral

Paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah air mineral. Sebisa mungkin kita harus mengonsumsi banyak air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Previous Post Next Post