Seorang kepala sekolah dihadapkan pada permasalahan sekolah yang memiliki tunggakan tagihan

Seorang kepala sekolah dihadapkan pada permasalahan sekolah yang memiliki tunggakan tagihan berbulan-bulan dan akan diputus bila tidak segera melunasi tagihan listriknya.

Di waktu bersamaan datang tua murid yang menginginkan nilai anaknya yang rendah dinaikan sesuai persyaratan untuk bisa melanjutkan sekolah yang menjadi harapan masa depan anaknya.

Dengan kompensasi orang tua tersebut yang akan melunasi pembayaran tagihan rekening listrik sekolah, dan mengancam kepala sekolah akan memindahkan anaknya ke sekolah lain bila tidak dituruti keinginannya.

Dalam pengambilan keputusan, kepala sekolah dihadapkan pada situasi?

A. Prinsip moral
B. Bujukan etika
C. Bujukan moral
D. Dilema etika
E. Rasa belas kasihan

Jawaban:

D. Dilema etika

Baca juga: Perhatikan beberapa pertanyaan berikut 1 jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem

Pembahasan:

Situasi yang dihadapi oleh kepala sekolah menimbulkan dilema etika. Kepala sekolah harus menimbang dua nilai moral yang saling bertentangan.

Di satu sisi, ia bertanggung jawab untuk menjaga kelangsungan sekolah, termasuk membayar tagihan listrik yang telah menumpuk.

Namun, di sisi lain, ia dihadapkan pada permintaan orang tua murid yang menginginkan kenaikan nilai anak mereka agar bisa melanjutkan pendidikan, dengan ancaman untuk memindahkan anak mereka ke sekolah lain jika keinginan mereka tidak dipenuhi.

Baca juga: Pak bahri adalah seorang kepala sekolah yang merasa prihatin karena sudah selama 1 tahun

Dalam situasi ini, kepala sekolah perlu mengedepankan prinsip moral dan integritasnya saat mengurus keuangan sekolah.

Tak kalah penting, Kepsek harus memperhatikan kepentingan siswa dan orang tua yang berharap agar anak-anak mereka dapat meningkatkan pencapaian akademik.

Previous Post Next Post