Yay! Kereta Api Mutiara Timur Banyuwangi-Surabaya Akan Kembali Beroperasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember kini menghidupkan kembali layanan kereta api Mutiara Timur rute Ketapang–Surabaya Pasar Turi.

KA yang memiliki sejarah legendaris ini akan beroperasi kembali mulai tanggal 30 Maret 2024 dengan menyediakan layanan dengan rangkaian kereta kelas ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk.

”Setelah hampir dua tahun berhenti beroperasi, KA Mutiara Timur kembali beroperasi melayani masyarakat lintas Ketapang–Surabaya Pasar Turi PP,” ujar Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

Baca juga: Kunjungi Bangsring Underwater Banyuwangi, Menko PMK Beri Pujian: Desa Wisata Inovatif

Kereta Api Mutiara Timur adalah salah satu kereta api tertua yang telah menjadi legenda di kalangan masyarakat di wilayah tapal kuda.

Pertama kali dioperasikan pada tanggal 6 Maret 1972, atau tepatnya 52 tahun yang lalu, kereta ini awalnya melayani kelas bisnis dan ekonomi.

Seiring dengan meningkatnya minat pelanggan, pelayanannya kemudian ditingkatkan menjadi kelas eksekutif dan bisnis.

diperpanjang hingga Jogjakarta. Namun, karena kondisi Indonesia yang masih terdampak pandemi Covid-19 dan situasi ekonomi yang kurang baik, minat terhadap KA Mutiara Timur terus mengalami penurunan.

Akhirnya, pada 31 Mei 2022, perjalanan KA ini dihentikan. Cahyo menambahkan bahwa sementara ini, KA Mutiara Timur akan beroperasi hanya pada tanggal-tanggal tertentu.

Untuk keberangkatan dari Stasiun Ketapang, dijadwalkan pada tanggal 30–31 Maret dan 8–12 April 2024.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Ketapang adalah pukul 21.45 WIB, dengan perkiraan tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pada pukul 04.21 WIB.

Baca juga: Dianggap Penuh Inovasi, MKKS SMP Kapuas Lakukan Studi Kaji ke Banyuwangi

”Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi akan berjalan pada 31 Maret dan 9–13 April dengan jadwal pukul 08.55 WIB, tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB,” terang Cahyo.

Menurut Cahyo, KA Mutiara Timur akan mengangkut tujuh kereta penumpang kelas ekonomi dan satu kereta makan yang dilengkapi dengan pembangkit.

Kapasitas total yang tersedia adalah 528 tempat duduk. Rute perjalanan kereta api ini mencakup jarak sejauh 312 kilometer. Harga tiketnya tersedia mulai dari Rp180 ribu.

Sumber: Radar Banyuwangi

Previous Post Next Post