Akademis

Terjadinya perubahan bentuk penampakan bulan dari waktu ke waktu merupakan akibat?

Terjadinya perubahan bentuk penampakan bulan dari waktu ke waktu merupakan akibat?

Jawaban:

Perubahan bentuk penampakan bulan dari waktu ke waktu merupakan akibat dari perubahan posisi bulan terhadap bumi dan matahari.

Baca juga: Suatu peristiwa alam ketika bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan terletak dalam satu garis disebut?

Ketika Bulan mengelilingi Bumi dalam orbitnya, cahaya Matahari memancar dari berbagai arah dan menciptakan penampakan berbeda pada Bulan tergantung pada sudut pandang kita dari Bumi.

Bulan tidak memiliki cahayanya sendiri, melainkan memantulkan cahaya matahari. Ketika bulan mengorbit bumi, posisi bulan terhadap matahari dan bumi terus berubah.

Hal ini menyebabkan bagian bulan yang terkena cahaya matahari juga berubah, sehingga bentuk penampakan bulan yang terlihat dari bumi pun berubah.

Bulan bergerak mengelilingi bumi dalam orbit elips. Periode revolusi bulan, yaitu waktu yang dibutuhkan bulan untuk kembali ke posisi yang sama terhadap bumi, adalah 27,32 hari.

Baca juga: Apa Akibat Rotasi Bumi Dilihat dari Diterimanya Cahaya Matahari ke Bumi?

Bulan juga berputar pada porosnya sendiri dengan periode rotasi yang sama dengan periode revolusinya. Hal ini menyebabkan sisi bulan yang sama selalu menghadap bumi.

Perubahan posisi bulan terhadap bumi dan matahari ini juga menyebabkan pasang surut air laut. Gravitasi bulan dan matahari menarik air laut, sehingga menyebabkan air laut naik dan turun.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)