Akademis

Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton neutron dan elektron, jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari

Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton neutron dan elektron, jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban:

Meski ukurannya sangat kecil, elektron memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari.

Baca juga: Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut?

Pengaruhnya terkait dengan sifat listrik yang mereka bawa dan interaksi mereka dengan atom lain. Berikut beberapa peranan penting elektron:

1. Aliran Listrik

Elektron merupakan ‘pemain utama’ dalam aliran listrik. Pada material konduktor, elektron bebas bergerak.

Ketika ada beda potensial atau tegangan listrik, elektron akan mengalir dari daerah potensial tinggi ke daerah potensial rendah, inilah yang kita sebut arus listrik.

Tanpa aliran elektron, tidak akan ada listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu, mengisi daya gawai, atau menjalankan peralatan elektronik lainnya.

2. Reaksi Kimia

Ikatan kimia antar atom terjadi karena pertukaran atau berbagi elektron.

Konfigurasi elektron pada atom menentukan jenis ikatan yang terbentuk, apakah ionik (pindahan elektron) atau kovalen (berbagi elektron).

Ikatan kimia ini menentukan sifat suatu material, misalnya kelenturan logam atau kemampuan plastik untuk menahan panas.

Dengan memahami interaksi elektron, kita bisa merancang material dengan sifat yang diinginkan.

Baca juga: 10 Sifat Benda Gas dan Penjelasan yang Mudah Dipahami

3. Teknologi Modern

Perangkat elektronik seperti komputer, ponsel, dan televisi bergantung pada semikonduktor.

Semikonduktor memiliki sifat konduktivitas yang bisa diatur dengan cara ‘memanipulasi’ jumlah elektron bebas di dalamnya.

Manipulasi ini bisa dilakukan dengan pemberian doping (penambahan unsur lain) atau melalui medan listrik.

Pengaturan aliran elektron inilah yang menjadi dasar kerja berbagai komponen elektronik seperti transistor dan integrated circuit (IC).

4. Bidang Kesehatan

Elektron berperan dalam beberapa peralatan medis. Sinar-X yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit dihasilkan dari perlambatan elektron berkecepatan tinggi.

Elektron juga berperan dalam terapi radiasi untuk pengobatan kanker. Dalam proses ini, sinar-X berenergi tinggi digunakan untuk merusak sel kanker.

Baca juga: 4 Kegunaan Unsur Belerang dalam Kehidupan Sehari-Hari

5. Cahaya dan Warna

Warna yang kita lihat dari suatu benda bergantung pada frekuensi cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan oleh benda tersebut.

Elektron pada atom-atom penyusun benda bisa menyerap atau memancarkan energi dalam bentuk cahaya pada frekuensi tertentu.

Ini menjelaskan mengapa benda berwarna berbeda dan mengapa kembang api bisa menghasilkan warna-warni yang indah – akibat perpindahan elektron ke tingkat energi yang berbeda.

Singkatnya, meski tak kasat mata, elektron memegang peranan fundamental dalam berbagai hal di sekitar kita, mulai dari menyalakan lampu hingga teknologi canggih yang kita gunakan sehari-hari.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)