Akademis

Berikan masing-masing tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik dan ekonomi

Tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik antara lain:

1. Partisipasi Aktif dalam Pemilihan Umum (Pemilu)

Memilih pemimpin yang sesuai dengan visi dan nilai-nilai negara merupakan bentuk penting dari bela negara dalam bidang politik.

Dengan berpartisipasi dalam pemilu, warga negara memastikan bahwa pemerintahan dipilih secara demokratis dan mewakili kepentingan rakyat.

Baca juga: Contoh wujud bela negara secara non fisik di lingkungan masyarakat

2. Menjaga Kedaulatan Negara

Mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kedaulatan negara adalah bentuk bela negara yang sangat penting.

Ini dapat mencakup dukungan terhadap kebijakan luar negeri yang mempertahankan integritas wilayah, keamanan nasional, dan kedaulatan negara dari ancaman eksternal.

3. Keterlibatan dalam Proses Demokrasi Lokal

Mengambil bagian dalam proses demokrasi di tingkat lokal, seperti pemilihan kepala daerah atau partisipasi dalam pembuatan kebijakan di tingkat desa atau kelurahan, merupakan cara lain untuk berkontribusi dalam membangun sistem politik yang berfungsi dan mewakili kepentingan masyarakat.

Baca juga: 10 Manfaat Perdagangan Internasional Untuk Kemajuan Sebuah Negara

Tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang ekonomi antara lain:

1. Menggunakan Produk dalam Negeri

Mendukung perekonomian negara dengan membeli produk-produk dalam negeri merupakan tindakan bela negara dalam bidang ekonomi.

Dengan memprioritaskan pembelian produk lokal, warga negara dapat membantu pertumbuhan ekonomi domestik dan menciptakan lapangan kerja.

2. Berpartisipasi dalam Program Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Mendukung dan mempromosikan kewirausahaan serta UKM lokal adalah cara lain untuk berkontribusi dalam memperkuat ekonomi negara.

Dengan menjadi pelaku usaha kecil atau menengah, atau mendukung produk-produk dari UKM, warga negara dapat membantu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian lokal, dan mengurangi tingkat pengangguran.

3. Mengelola Keuangan dengan Bijak

Melakukan manajemen keuangan yang bijak, seperti membayar pajak tepat waktu, menghindari pemborosan, dan menabung untuk masa depan, adalah contoh lain dari bela negara dalam bidang ekonomi.

Dengan menjaga stabilitas keuangan pribadi dan mengikuti aturan perpajakan, warga negara ikut mendukung pembangunan dan pelayanan publik yang dibiayai oleh pajak.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)