Pendidikan

10 Syarat Sebuah Media Pembelajaran Interaktif, Cek di Sini

Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang mampu menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa dengan cara yang interaktif.

Interaksi dalam media pembelajaran interaktif tidak hanya satu arah, melainkan terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa).

Tujuan utama dari media pembelajaran interaktif adalah mempermudah proses pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Baca juga: Bagaimana Sebuah Asesmen dapat Mengukur Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

Syarat Sebuah Media Pembelajaran Interaktif

Berikut adalah syarat-syarat sebuah media pembelajaran interaktif:

1. Memiliki tujuan yang jelas

Media pembelajaran interaktif harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Tujuan ini harus sejalan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

2. Menarik dan interaktif

Media pembelajaran interaktif harus menarik dan interaktif agar dapat menarik perhatian dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai elemen multimedia seperti gambar, video, audio, dan animasi.

3. Mudah digunakan

Media pembelajaran interaktif harus mudah digunakan oleh siswa. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran tersebut harus memiliki navigasi yang jelas dan mudah dipahami.

Baca juga: Model-Model Pembelajaran Abad 21 dan Langkah-Langkahnya

4. Mendukung berbagai gaya belajar

Media pembelajaran interaktif harus dapat mendukung berbagai gaya belajar siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode penyampaian informasi seperti teks, audio, dan visual.

5. Mendorong partisipasi aktif

Media pembelajaran interaktif harus mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai aktivitas dan latihan yang dapat dilakukan oleh siswa.

6. Memberikan umpan balik

Media pembelajaran interaktif harus dapat memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada siswa.

Hal ini dapat membantu siswa untuk mengetahui kemajuan belajar mereka dan meningkatkan motivasi belajar mereka.

7. Memperhatikan aspek aksesibilitas

Media pembelajaran interaktif harus memperhatikan aspek aksesibilitas sehingga dapat digunakan oleh semua siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus.

8. Memiliki konten yang akurat dan terkini

Media pembelajaran interaktif harus memiliki konten yang akurat dan terkini. Hal ini penting untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan informasi yang benar dan relevan.

Baca juga: Pembelajaran Murid Sebaiknya Berkesinambungan dari Waktu ke Waktu Adalah Asas?

9. Mudah diakses

Media pembelajaran interaktif harus mudah diakses oleh siswa. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran tersebut dapat digunakan di berbagai perangkat dan platform.

10. Efektif

Media pembelajaran interaktif harus efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diukur dengan cara melakukan tes atau penilaian terhadap siswa setelah mereka menggunakan media pembelajaran tersebut.

Selain syarat-syarat di atas, media pembelajaran interaktif yang baik juga harus:

  • Memiliki desain yang menarik dan profesional
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa
  • Memiliki struktur yang logis dan sistematis
  • Teruji dan dievaluasi sebelum digunakan

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa untuk belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker