Akademis

Di bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali?

Di bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali?

A. Fluency
B. Originality
C. Simplicity
D. Flexibility

Jawaban:

C. Simplicity

Pembahasan:

Brainstorming merupakan sebuah teknik untuk menghasilkan ide-ide kreatif dengan cara membebaskan anggotanya untuk mengeluarkan ide-ide sebanyak-banyaknya.

Dalam proses brainstorming, terdapat beberapa karakteristik penting yang perlu diperhatikan, yaitu fluency, originality, flexibility, dan elaboration.

Fluency mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan banyak ide dalam waktu singkat.

Semakin banyak ide yang dihasilkan, semakin besar kemungkinan untuk menemukan solusi yang kreatif.

Originality adalah kemampuan untuk menghasilkan ide yang unik dan baru. Ide-ide yang orisinal dapat memberikan perspektif baru dan membantu memecahkan masalah dengan cara yang inovatif.

Flexibility adalah kemampuan untuk mengubah dan menggabungkan ide.

Kemampuan ini memungkinkan anggota tim untuk mengembangkan ide-ide satu sama lain dan menemukan solusi yang lebih baik.

Elaboration adalah kemampuan untuk mengembangkan dan memperjelas ide.

Dengan elaborasi, ide-ide yang abstrak dapat menjadi lebih konkret dan mudah dipahami.

Meskipun simplicity bukan merupakan karakteristik penting dalam brainstorming, namun bukan berarti simplicity tidak memiliki nilai.

Dalam beberapa situasi, simplicity dapat membantu untuk menyaring ide-ide yang terbaik dan membuat solusi yang lebih mudah diimplementasikan.

Kesimpulannya, brainstorming adalah teknik yang efektif untuk menghasilkan ide-ide kreatif.

Dengan memperhatikan karakteristik penting seperti fluency, originality, flexibility, dan elaboration, tim dapat meningkatkan peluang mereka untuk menemukan solusi yang inovatif dan efektif.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)