Akademis

Penempatan tangan terlalu jauh di belakang sehingga sikapnya salah dan tidak membuat tolakan merupakan kesalahan pada gerakan?

Penempatan tangan terlalu jauh di belakang sehingga sikapnya salah dan tidak membuat tolakan merupakan kesalahan pada gerakan?

a. Meroda
b. Guling
c. Kayang
d. Guling belakang

Jawaban:

a. Meroda

Baca juga: Sikap Atau Posisi Awal Sikap Lilin Adalah? Simak Penjelasannya

Pembahasan:

Dalam melakukan gerakan meroda, terdapat beberapa kesalahan yang umum terjadi, salah satunya adalah penempatan tangan yang terlalu jauh di belakang.

Kesalahan ini dapat mengakibatkan beberapa hal berikut:

1. Sikap meroda menjadi salah dan tidak seimbang. Ketika tangan ditempatkan terlalu jauh di belakang, tubuh akan condong ke depan dan sulit untuk dikontrol. Hal ini dapat menyebabkan meroda menjadi tidak stabil dan berisiko terjatuh.

2. Tolakan menjadi tidak maksimal. Tolakan yang kuat dan terarah sangat penting untuk melakukan meroda dengan baik. Ketika tangan ditempatkan terlalu jauh di belakang, kekuatan tolakan akan berkurang dan meroda tidak akan memiliki momentum yang cukup untuk maju.

3. Risiko cedera meningkat. Ketika meroda dengan posisi tangan yang salah, tubuh akan lebih mudah terjatuh dan berisiko mengalami cedera. Hal ini terutama berlaku pada bagian pergelangan tangan, siku, dan bahu.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penempatan tangan saat melakukan meroda.

Pastikan tangan diposisikan di samping tubuh dengan jarak yang sesuai, tidak terlalu jauh di depan atau di belakang.

Dengan demikian, meroda dapat dilakukan dengan benar, aman, dan nyaman.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)