Akademis

Setiap pengunjung mall diperiksa suhu badannya, apabila data tersebut dicatat dan dibuat diagram sebaiknya diagram apa yang cocok untuk data tersebut.

Setiap pengunjung mall diperiksa suhu badannya, apabila data tersebut dicatat dan dibuat diagram sebaiknya diagram apa yang cocok untuk data tersebut. Sebutkan dan apa alasannya…

Jawaban:

Untuk data suhu badan pengunjung mall yang dicatat, diagram batang atau histogram adalah pilihan yang paling cocok.

  • Diagram batang efektif untuk menyajikan data kategori, seperti jenis kelamin atau rentang usia pengunjung, dan nilai numerik, seperti suhu badan.
  • Histogram ideal untuk menampilkan distribusi data suhu badan, menunjukkan berapa banyak pengunjung yang memiliki suhu badan dalam rentang tertentu.
  • Diagram lingkaran kurang cocok karena tidak ideal untuk menyajikan data numerik yang berkelanjutan seperti suhu badan.
  • Diagram garis kurang cocok karena tidak efektif untuk menunjukkan distribusi data suhu badan pada titik waktu tertentu.

Baca juga: Pengertian Sequence Diagram dan Contohnya

Contoh penggunaan:

  • Diagram batang: Satu batang dapat mewakili rentang suhu badan tertentu (misalnya, 36-37°C), dan tinggi batang menunjukkan jumlah pengunjung dengan suhu badan dalam rentang tersebut.
  • Histogram: Sumbu X menunjukkan rentang suhu badan, dan sumbu Y menunjukkan jumlah pengunjung dengan suhu badan dalam rentang tersebut.

Pertimbangan tambahan:

  • Jika ingin membandingkan data suhu badan antara kelompok pengunjung yang berbeda (misalnya, pria vs. wanita, anak-anak vs. orang dewasa), diagram batang bertumpuk atau histogram bertumpuk dapat digunakan.
  • Diagram kotak dapat digunakan untuk menunjukkan distribusi data suhu badan secara ringkas, dengan informasi seperti median, kuartil pertama dan ketiga, dan nilai minimum dan maksimum.

Kesimpulan:

Diagram batang dan histogram adalah pilihan yang paling cocok untuk menyajikan data suhu badan pengunjung mall karena efektif untuk menunjukkan distribusi data dan memungkinkan perbandingan antara kelompok pengunjung yang berbeda.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)