Akademis

Dalam Penelitian di Hawthorne, Elton Mayo Lebih Banyak Menggunakan Pendekatan Secara?

Dalam penelitian di Hawthorne, Elton Mayo lebih banyak menggunakan pendekatan secara?

A. psikologi
B. ilmu teknik
C. ekonomi
D. psikologi dan sosiologi

Jawaban:

A. psikologi

Pembahasan:

Elton Mayo lebih banyak menggunakan pendekatan psikologi dalam penelitian Hawthorne. Fokusnya adalah pada pemahaman perilaku manusia dalam organisasi.

Mayo dan timnya melakukan berbagai eksperimen untuk mempelajari efek dari berbagai faktor, seperti pencahayaan, jam kerja, dan sistem upah, terhadap produktivitas pekerja.

Pendekatan Mayo yang fokus pada psikologi membantunya untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja.

Mayo menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi kasus untuk mengeksplorasi aspek-aspek psikologis dari lingkungan kerja, seperti motivasi, dinamika kelompok, dan komunikasi antar karyawan.

Mereka tertarik untuk memahami bagaimana interaksi sosial dan dinamika kelompok di tempat kerja mempengaruhi perilaku dan sikap karyawan terhadap pekerjaan mereka.

Penelitian Hawthorne memiliki dampak yang signifikan pada teori manajemen. Temuan Mayo menunjukkan bahwa pekerja adalah makhluk sosial yang kompleks dan bahwa manajemen yang efektif harus mempertimbangkan kebutuhan dan motivasi mereka.

Sehingga, meskipun ada elemen-elemen sosiologis yang juga diperhatikan, pendekatan utama dalam penelitian Hawthorne adalah psikologi, yang berfokus pada pemahaman perilaku, motivasi, dan kepuasan karyawan dalam konteks kerja.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)