5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Penjelasannya

Sastrawacana.id

henry fayol
henry fayol (humanidades)

Henry Fayol adalah seorang insinyur pertambangan dan eksekutif bisnis asal Prancis yang dikenal sebagai pelopor teori manajemen modern.

Fayol hidup dari tahun 1841 hingga 1925 dan meskipun prinsip-prinsipnya dikembangkan pada awal abad ke-20, tetap relevan hingga saat ini dan menjadi dasar bagi banyak teori manajemen modern lainnya.

Selain itu, ia juga dikenal karena lima fungsi utama manajemen yang diyakininya sebagai hal mendasar yang harus dilakukan oleh semua organisasi untuk mencapai tujuannya.

Lima fungsi manajemen ini saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Keberhasilan organisasi bergantung pada kemampuan para manajer untuk menjalankan semua fungsi ini secara efektif.

Kontribusinya yang paling terkenal adalah 14 Prinsip Manajemen yang dikembangkannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.

Berikut adalah lima fungsi manajemen menurut Henry Fayol:

1. Perencanaan (Planning)

Merencanakan kegiatan di masa depan, menetapkan tujuan, dan menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Mengatur dan mengkoordinasikan sumber daya, seperti tenaga kerja, peralatan, dan modal, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Pengarahan (Commanding)

Memberikan instruksi, memimpin, dan mengarahkan karyawan untuk menjalankan tugas-tugas mereka sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

4. Koordinasi (Coordinating)

Mengintegrasikan berbagai kegiatan dan sumber daya dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang konsisten dan efisien.

5. Kontrol (Controlling)

Mengukur kinerja, membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan, dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan rencana.

Fayol berpendapat bahwa manajer pada semua level dalam organisasi harus melaksanakan fungsi-fungsi ini untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam operasi organisasi.

Fungsi-fungsi ini memberikan kerangka kerja bagi manajer untuk mengelola dan mengarahkan kegiatan organisasi dengan cara yang terorganisir dan sistematis.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia