Akademis

Airil dari padang kuliah ke Bandung. Ia berteman dengan Rahman dari Palu, Tarpin dari Lombok, dan Nugroho dari Solo

Airil dari padang kuliah ke Bandung. Ia berteman dengan Rahman dari Palu, Tarpin dari Lombok, dan Nugroho dari Solo.

Mereka berteman baik dan menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi antara satu sama lain. Dalam hal ini Bahasa Indonesia berperan sebagai?

Jawaban:

Dalam cerita tersebut, Bahasa Indonesia berperan sebagai alat komunikasi atau bahasa penghubung antara Airil, Rahman, Tarpin, dan Nugroho.

Bahasa Indonesia memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan lancar meskipun berasal dari daerah yang berbeda di Indonesia.

Sebagai bahasa resmi dan bahasa pengantar di Indonesia, Bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam menyatukan berbagai suku dan budaya di seluruh nusantara.

Tidak hanya sebagai alat komunikasi, Bahasa Indonesia juga memainkan peran sebagai simbol persatuan dan identitas nasional bagi masyarakat Indonesia.

Melalui penggunaan Bahasa Indonesia, Airil, Rahman, Tarpin, dan Nugroho dapat saling memahami, berbagi pengalaman, dan membangun hubungan persahabatan yang erat meskipun berasal dari latar belakang budaya dan daerah yang berbeda.

Pentingnya Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari juga terlihat dari penggunaannya dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, media, pemerintahan, dan bisnis di seluruh Indonesia.

Bahasa ini telah menjadi jembatan yang menghubungkan berbagai suku, agama, dan tradisi di Indonesia, mencerminkan semangat kebhinekaan dan persatuan bangsa.

Dengan mempertahankan dan mempromosikan penggunaan Bahasa Indonesia, generasi muda di Indonesia dapat terus menghargai dan memelihara keragaman budaya serta memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan di tengah-tengah perbedaan yang ada.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker