Akademis

Apa yang Dimaksud dengan Planet Superior?

Planet superior adalah planet yang orbitnya terletak di luar orbit Bumi. Dengan kata lain, planet superior berada lebih jauh dari Matahari dibandingkan Bumi.

Planet superior merupakan istilah dalam astronomi yang merujuk pada planet yang berada lebih jauh dari Matahari dibandingkan dengan planet lainnya di Tata Surya.

Planet superior akan tampak paling terang di langit malam ketika berada pada oposisi dengan Matahari, yang berarti Bumi berada di antara planet tersebut dan Matahari.

Baca juga: Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?

Saat pada posisi ini, planet superior akan tampak di langit sepanjang malam dan mencapai titik tertinggi di langit pada tengah malam.

Beberapa contoh planet superior dalam Tata Surya kita adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-planet ini memiliki orbit yang lebih jauh dari Bumi dan mengelilingi Matahari dengan periode revolusi yang lebih lama dibandingkan dengan planet-planet inferior, seperti Merkurius dan Venus, yang berada lebih dekat dengan Matahari daripada Bumi.

Berikut adalah ciri-ciri planet superior:

  • Orbitnya lebih besar dari orbit Bumi.
  • Periode revolusinya (waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Matahari) lebih lama dibandingkan Bumi.
  • Umumnya berukuran lebih besar dan lebih masif dibandingkan planet inferior (Merkurius dan Venus).
  • Komposisi materialnya didominasi oleh gas (seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus). Mars merupakan satu-satunya planet superior yang didominasi batuan.

Lawan kata dari planet superior adalah planet inferior, yaitu planet yang orbitnya terletak di dalam orbit Bumi, lebih dekat ke Matahari. Planet inferior di tata surya kita hanya ada dua, yaitu Merkurius dan Venus.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)