Sesuai keputusan presiden nomor 24 tahun 2016, hari lahir pancasila diperingati setiap tanggal?

Sastrawacana.id

hari lahir pancasila
hari lahir pancasila (malangkota)

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yaitu 1 Juni 2016.

Penetapan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam sidang tersebut, para tokoh nasional seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan KH. Wahid Hasyim, mempresentasikan dan membahas konsep dasar negara Indonesia.

Puncaknya pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato berjudul “Lahirnya Pancasila” yang menjadi momen awal pengenalan lima dasar negara yang kemudian dikenal sebagai Pancasila.

Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat pentingnya nilai-nilai luhur Pancasila bagi bangsa Indonesia.

Pancasila yang terdiri dari Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, merupakan pondasi dan pedoman untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen penting untuk kembali merenungkan nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pengingat, berikut beberapa poin penting terkait Hari Lahir Pancasila:

  • Tanggal: 1 Juni
  • Dasar hukum: Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016
  • Tujuan: Merenungkan nilai-nilai luhur

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia