Akademis

Saat melakukan kegiatan ilmiah, gagasan dan pemikiran ilmuan fisika didasari rasa ingin tahu yang tinggi, diiringi dengan rasa percaya diri, sikap sisiplin, obyektif, jujur, dan mau mendengar pendapat orang lain

Saat melakukan kegiatan ilmiah, gagasan dan pemikiran ilmuan fisika didasari rasa ingin tahu yang tinggi, diiringi dengan rasa percaya diri, sikap sisiplin, obyektif, jujur, dan mau mendengar pendapat orang lain. Hal tersebut merupakan ciri hakikat fisika sebagai?

a. ilmu
b. produk
c. sains
d. sikap
e. proses

Jawaban:

d. sikap

Pembahasan:

Sikap yang disebutkan dalam pertanyaan tersebut, seperti rasa ingin tahu yang tinggi, percaya diri, disiplin, objektif, jujur, dan mau mendengar pendapat orang lain, semuanya berkaitan dengan sikap seorang fisikawan.

Sikap-sikap inilah yang penting untuk melakukan kegiatan ilmiah dengan cara yang ketat dan berarti.

  • Rasa ingin tahu mendorong para fisikawan untuk menggali hal yang tidak diketahui dan mengajukan pertanyaan mendasar tentang alam semesta.
  • Percaya diri memungkinkan mereka untuk menantang teori yang ada dan mengejar ide-ide baru.
  • Disiplin memastikan mereka melakukan percobaan dan menganalisis data dengan hati-hati dan sistematis.
  • Objektivitas memungkinkan mereka untuk mengesampingkan bias mereka dan menginterpretasikan hasil secara tidak memihak.
  • Kejujuran memaksa mereka untuk melaporkan temuan mereka secara akurat dan transparan.
  • Keterbukaan terhadap pendapat orang lain mendorong kolaborasi dan pertukaran ide, yang penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Sikap-sikap ini bukan hanya kualitas pribadi; mereka adalah bagian integral dari metode ilmiah, dasar dari fisika dan disiplin ilmu lainnya.

Dengan mengembangkan sikap ini, fisikawan dapat secara efektif menyelidiki alam dan berkontribusi pada pemahaman kita tentang alam semesta.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker