Akademis

Sedalam Apa Lapisan Kerak Bumi? Ini Jawaban Ilmiahnya

Lapisan kerak bumi adalah bagian terluar Bumi yang tersusun atas batuan padat dan dingin.

Ini adalah lapisan tertipis Bumi, dengan ketebalan rata-rata sekitar 12 kilometer.

Sedalam apa lapisan kerak bumi?

Kedalaman lapisan kerak bumi bervariasi tergantung pada lokasinya:

  • Kerak benua: Ketebalannya berkisar antara 20 hingga 70 kilometer. Di pegunungan, ketebalannya bisa mencapai 70 kilometer, sedangkan di dasar laut, kerak benua umumnya lebih tipis, sekitar 25-40 kilometer.
  • Kerak samudra: Ketebalannya jauh lebih tipis, hanya sekitar 5 hingga 10 kilometer. Hal ini karena kerak samudra lebih muda dan lebih panas daripada kerak benua.

Secara umum, rata-rata ketebalan kerak bumi adalah sekitar 12 kilometer.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketebalan kerak bumi, antara lain:

  • Jenis batuan yang menyusun kerak bumi: Batuan yang lebih ringan, seperti granit, akan menghasilkan kerak yang lebih tebal, sedangkan batuan yang lebih berat, seperti basalt, akan menghasilkan kerak yang lebih tipis.
  • Proses geologis: Proses tektonik lempeng, seperti subduksi dan penunjaman, dapat menyebabkan kerak bumi menebal atau menipis.
  • Aktivitas vulkanik: Erupsi gunung berapi dapat menambahkan material baru ke kerak bumi, sehingga ketebalannya bertambah.

Contoh:

  • Pegunungan Himalaya: Pegunungan Himalaya memiliki kerak benua yang sangat tebal, mencapai 70 kilometer. Hal ini disebabkan oleh tabrakan lempeng tektonik yang mendorong kerak bumi ke atas.
  • Kepulauan Hawaii: Kepulauan Hawaii memiliki kerak samudra yang sangat tipis, hanya sekitar 5 kilometer. Hal ini karena Kepulauan Hawaii terbentuk di atas hotspot, yaitu tempat di mana magma panas naik dari mantel bumi.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)