Lifestyle

Emulator Wii dan GameCube DolphiniOS Batal Hadir di App Store

DolphiniOS, sebuah varian dari emulator Dolphin yang populer untuk memainkan game Nintendo Wii dan GameCube telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi mereka tidak akan tersedia di App Store meskipun Apple sekarang mengizinkan emulator.

Melalui postingan pada hari Jumat, developer di balik emulator tersebut menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena Apple tidak mengizinkan DolphiniOS untuk menggunakan teknologi peningkat performa bawaannya.

Menurut developer OatmealDome, DolphiniOS – bersama dengan emulator Wii dan GameCube lainnya – menggunakan sesuatu yang disebut Just-in-Time (JIT).

Ini adalah kompiler yang “menerjemahkan” kode berbasis PowerPC dari GameCube dan Wii ke dalam bahasa yang dapat dipahami oleh perangkat lain, sehingga membuat emulasi berjalan jauh lebih lancar.

Namun, seperti yang dicatat oleh OatmealDome, Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan kompiler JIT.

“Satu-satunya pengecualian adalah Safari dan browser web alternatif di Eropa,” tulis developer tersebut.

“Kami mengajukan permintaan interoperabilitas DMA [Digital Markets Act] ke Apple untuk dukungan JIT, tetapi Apple menolak permintaan tersebut beberapa minggu lalu.”

Meskipun ada cara untuk mengatasi JIT dengan menggunakan “interpreter”, OatmealDome menulis bahwa ini “jauh lebih lambat daripada kompiler JIT.”

Sepasang video yang dibagikan oleh OatmealDome menunjukkan betapa buruknya performa emulasi Mario Kart Wii pada iPhone 15 saat menggunakan interpreter alih-alih JIT.

Sejak Apple melonggarkan kebijakannya pada emulator game retro awal bulan ini, kita telah melihat emulator game Delta melesat ke puncak tangga lagu App Store.

Kemungkinan akan ada lebih banyak emulator yang menyusul – asalkan tidak dihapus terlebih dahulu.

Source: The Verge

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)