Tesla Tegaskan Kembali Komitmen untuk Kendaraan Listrik yang Lebih Terjangkau

Sastrawacana.id

tesla
tesla (the verge)

Tesla mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan listrik yang lebih terjangkau, mungkin secepatnya pada tahun 2025.

Hal ini sekaligus membantah laporan terbaru yang menyebutkan CEO Tesla Elon Musk telah membatalkan rencana untuk kendaraan “Model 2” yang lebih murah demi bisa segera meluncurkan robotaxi.

Namun, Musk tidak menjelaskan secara rinci apakah kendaraan listrik (EV) berbiaya rendah ini akan menjadi model baru bagi Tesla atau versi sederhana dari kendaraan mereka saat ini.

“Dalam hal peta jalan produk baru, banyak sekali diskusi yang terjadi,” kata Musk selama panggilan pendapatan kuartal pertama perusahaan, menanggapi kekhawatiran yang diungkapkan investor selama sebulan terakhir tentang penundaan rencana untuk EV murah.

“Kami telah memperbarui lini kendaraan masa depan kami untuk mempercepat peluncuran model baru.”

Musk mengatakan kita mungkin melihat kendaraan tersebut pada awal 2025, jika tidak akhir tahun ini.

Kendaraan tersebut akan memadukan “aspek” dari platform generasi berikutnya dengan platform saat ini yang mendukung Model 3 dan Model Y terlaris perusahaan.

“Ini tidak bergantung pada pabrik baru atau jalur produksi baru yang besar, ini akan dibuat di jalur produksi kami saat ini dengan jauh lebih efisien,” kata Musk, memperkirakan hal itu dapat mempercepat produksi perusahaan menjadi lebih dari 3 juta kendaraan per tahun.

Tesla melaporkan pendapatan sebesar $21 miliar untuk kuartal pertama tahun 2024, turun 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih turun 55 persen menjadi $1,1 miliar.

Perusahaan menjual lebih sedikit model kuartal ini karena permintaan kendaraan listrik menurun. Analis mengatakan model yang lebih terjangkau sangat penting untuk pertumbuhan Tesla di masa depan.

Musk memulai panggilan dengan membahas kekhawatiran bahwa pasar lebih menekankan pengembangan kendaraan hybrid daripada kendaraan listrik penuh, yang menurutnya “bukan strategi yang tepat.”

“Kami akan membahas ini lebih lanjut pada 8 Agustus,” kata Musk, saat dia kembali menekankan bahwa 7 juta mobil pada akhir tahun ini akan menjadi bagian dari armada robotaxi.

8 Agustus adalah tanggal Tesla berencana untuk mengungkap kendaraan robotaxi baru.

Meskipun Tesla kembali berjanji untuk merilis EV yang lebih murah, mereka belum mengkonfirmasi apakah model baru yang sepenuhnya murah akan hadir.

Mungkin saja model yang lebih murah bisa jadi hanya Model 3 dan Model Y yang disederhanakan, yang mana keduanya merupakan pendorong sebagian besar pendapatan perusahaan.

Saat ini, Anda dapat membeli Model 3 seharga $38.990, yang hampir menjadi harga termurah yang pernah ada untuk kendaraan tersebut – tetapi masih belum mencapai titik harga $35.000 yang dijanjikan hampir satu dekade lalu.

Perusahaan telah berjanji bahwa proses manufaktur “unboxed” yang disederhanakan akan semakin menurunkan biaya.

Ketika ditanya langsung oleh investor tentang EV yang lebih murah seperti Model 2 dan di mana “hati” Musk berada, Musk sebagian besar menutup pembicaraan tentang hal itu.

Sebaliknya, dia dengan senang hati berbicara panjang lebar tentang otonomi, self-driving, dan bahkan alien.

“Jika Anda memiliki produk hebat dengan harga yang bagus, penjualan akan sangat baik,” kata Musk pada satu titik, menanggapi pertanyaan tentang nilai.

Dia mengatakan Tesla akan terus meningkatkan keterjangkauan untuk membuat “nilai untuk uang” menjadi lebih baik.

Sumber: The Verge

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia