Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, perdagangan internasional terutama kegiatan ekspor dapat

Sastrawacana.id

Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja
Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja (pixabay/Tumisu)

Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, perdagangan internasional terutama kegiatan ekspor dapat…

A. menghemat biaya produksi
B. menstabilkan harga
C. memperluas kesempatan kerja
D. meningkatkan pendapatan

Jawaban:

C. memperluas kesempatan kerja

Pembahasan:

Perdagangan internasional, terutama kegiatan ekspor, dapat memperluas kesempatan kerja karena beberapa alasan berikut:

  • Meningkatnya permintaan: Ketika produk diekspor ke negara lain, permintaan terhadap produk tersebut akan meningkat. Hal ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan produksi dan membuka lapangan kerja baru untuk memenuhi permintaan tersebut.
  • Diversifikasi ekonomi: Ekspor dapat membantu mendiversifikasi ekonomi suatu negara dengan mengurangi ketergantungan pada satu sektor atau industri tertentu. Hal ini dapat menciptakan peluang kerja baru di sektor-sektor yang sebelumnya tidak ada.
  • Transfer teknologi: Ketika perusahaan mengekspor produknya, mereka sering kali perlu mengadopsi teknologi baru agar produk mereka dapat bersaing di pasar global. Transfer teknologi ini dapat menciptakan peluang kerja baru di sektor teknologi dan manufaktur.
  • Investasi asing: Ekspor dapat menarik investasi asing ke suatu negara. Investasi asing ini dapat menciptakan lapangan kerja baru di berbagai sektor, seperti konstruksi, layanan, dan produksi.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia