Dalam pasal 33 ayat 1 UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan “perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”

Sastrawacana.id

Dalam pasal 33 ayat 1 UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan
Dalam pasal 33 ayat 1 UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan (pexels)

Dalam pasal 33 ayat 1 UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan “perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”.

Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini adalah?

Jawaban:

Berdasarkan pasal 33 ayat 1 UUD 1945, salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan adalah koperasi.

Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang-orang yang bekerja sama dan memiliki tujuan bersama untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

Prinsip-prinsip koperasi yang sesuai dengan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi adalah:

  • Keanggotaan: Koperasi terbuka bagi semua orang yang bersedia dan mampu memenuhi syarat keanggotaan.
  • Keikutsertaan: Setiap anggota memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam koperasi.
  • Keadilan: Pembagian keuntungan dan menanggung kerugian dilakukan secara adil dan proporsional berdasarkan modal yang ditanamkan dan partisipasi anggota.
  • Keterbukaan: Koperasi harus transparan dalam pengelolaannya dan memberikan informasi yang jelas kepada para anggotanya.
  • Kerjasama: Para anggota koperasi harus saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Kemandirian: Koperasi harus mandiri dalam pengelolaannya dan tidak bergantung pada pihak lain.

Koperasi memiliki beberapa peran penting dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan:

1. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: Koperasi membantu meningkatkan kesejahteraan anggota dengan memberikan akses ke modal, pasar, dan layanan lainnya.

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan: Koperasi menciptakan lapangan pekerjaan bagi para anggotanya dan masyarakat sekitar.

3. Membangun Ekonomi Kerakyatan: Koperasi membantu membangun ekonomi kerakyatan dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan ekonomi.

4. Mewujudkan Keadilan Ekonomi: Koperasi membantu mewujudkan keadilan ekonomi dengan mendistribusikan keuntungan secara adil kepada para anggotanya.

Selain koperasi, masih banyak bentuk kerjasama lain dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945, seperti BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), dan usaha bersama antar individu atau kelompok.

Penting untuk diingat bahwa semua bentuk kerjasama ekonomi haruslah didasarkan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia

Tags