Berdasarkan pemahaman saya, visi program Pendidikan Guru Penggerak adalah untuk menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Pemimpin pembelajaran ini diharapkan dapat:
- Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri.
- Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.
- Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.
- Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.
- Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.
Visi ini sejalan dengan visi pendidikan yang ideal menurut saya, yaitu untuk menciptakan generasi penerus yang cerdas, berkarakter, dan mampu berkontribusi bagi bangsa.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya menilai program Pendidikan Guru Penggerak selaras dengan visi tersebut:
- Program ini berfokus pada pengembangan kepemimpinan guru. Guru yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat akan mampu memotivasi dan menginspirasi muridnya untuk belajar dengan lebih baik.
- Program ini menekankan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada murid. Pembelajaran yang berpusat pada murid memungkinkan murid untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan menyenangkan, sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka.
- Program ini mendorong kolaborasi antara guru. Kolaborasi antar guru dapat membantu mereka untuk saling belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Tentu saja, program Pendidikan Guru Penggerak masih dalam tahap awal pelaksanaannya. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk memastikan program ini berjalan dengan sukses.
Namun, saya optimis bahwa program ini memiliki potensi yang besar untuk membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar program ini dapat berjalan dengan lebih efektif:
- Penting untuk memastikan bahwa program ini diikuti oleh guru-guru yang tepat. Guru yang mengikuti program ini harus memiliki motivasi yang tinggi untuk menjadi pemimpin pembelajaran dan harus berkomitmen untuk mengikuti seluruh proses pelatihan.
- Pendampingan yang diberikan kepada guru selama dan setelah mengikuti program harus berkualitas tinggi. Pendampingan ini harus membantu guru untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam program di kelas mereka.
- Pemerintah harus menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung program ini. Sumber daya ini termasuk dana untuk pelatihan, pendampingan, dan pengembangan materi pembelajaran.
Dengan komitmen dan kerja keras dari semua pihak, saya yakin bahwa program Pendidikan Guru Penggerak dapat mencapai tujuannya untuk menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Selain alasan-alasan di atas, saya juga ingin menambahkan bahwa program Pendidikan Guru Penggerak sejalan dengan beberapa tren penting dalam pendidikan global, seperti:
- Penekanan pada pembelajaran yang berpusat pada murid.
- Pentingnya kepemimpinan guru.
- Kebutuhan akan kolaborasi antara guru.
Saya percaya bahwa program ini memiliki potensi untuk menjadi model yang berharga bagi reformasi pendidikan di negara lain.