Bagaimana Tahapan BAGJA yang Sudah Bapak/Ibu Pelajari?

BAGJA singkatan dari Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, dan Aktualisasikan, merupakan pendekatan inkuiri apresiatif yang ampuh untuk mendorong perubahan positif dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan.

Sebagai Guru Penggerak, saya telah mempelajari dan menerapkan tahapan BAGJA dalam berbagai upaya di sekolah, dan merasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

1. Meningkatkan Motivasi Belajar Murid

Melalui BAGJA, saya mengidentifikasi akar permasalahan rendahnya motivasi belajar murid, yaitu rasa bosan dengan pembelajaran yang monoton dan tidak relevan.

Dengan pemahaman ini, saya merumuskan rencana aksi yang konkret, seperti:

  • Meningkatkan interaksi dan partisipasi murid dalam pembelajaran dengan metode aktif dan kreatif.
  • Memberikan penghargaan dan pengakuan atas pencapaian murid.
  • Membangun hubungan positif dengan murid dan orang tua.

Penerapan rencana ini menunjukkan hasil yang positif. Murid lebih antusias dalam belajar dan menunjukkan hasil belajar yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kolaboratif

BAGJA membantu saya dalam mengidentifikasi tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran kolaboratif.

Bersama rekan guru, saya menyusun rencana aksi untuk meningkatkan kualitasnya, seperti:

  • Mengembangkan keterampilan kolaboratif murid.
  • Menyediakan ruang dan waktu yang cukup untuk pembelajaran kolaboratif.
  • Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru tentang pembelajaran kolaboratif.

Dengan penerapan rencana ini secara konsisten dan melibatkan berbagai pihak, kualitas pembelajaran kolaboratif di sekolah meningkat.

Murid lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar, dan menunjukkan hasil belajar yang lebih baik.

3. Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Melalui BAGJA, saya dan seluruh pemangku kepentingan di sekolah merumuskan visi dan misi untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan pemahaman ini, kami menyusun rencana aksi yang komprehensif, seperti:

  • Memasukkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum dan pembelajaran.
  • Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang Profil Pelajar Pancasila.
  • Membangun budaya sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Penerapan rencana ini secara konsisten dan melibatkan berbagai pihak menunjukkan kemajuan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.

Murid menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berakhlak mulia.

Kesimpulan:

Penerapan tahapan BAGJA telah membantu saya dalam memahami akar permasalahan, mengembangkan solusi kreatif dan efektif, melibatkan berbagai pihak dalam proses perubahan, melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan, dan mencapai hasil yang berkelanjutan dan berdampak positif.

Saya yakin bahwa BAGJA adalah alat yang ampuh untuk mendorong perubahan positif di sekolah dan mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas untuk semua murid.

Previous Post Next Post