Bagian dari karburator yang berfungsi menambah jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke lubang venturi disebut Choke Valve.
Choke valve terletak di bagian atas karburator dan terhubung dengan tuas choke di dashboard mobil.
Saat tuas choke ditarik, choke valve akan menutup sebagian lubang venturi, sehingga aliran udara yang masuk berkurang.
Baca juga: Prinsip pembentukan campuran yang digunakan pada karburator berdasarkan?
Hal ini menyebabkan tekanan udara di lubang venturi turun, dan menarik lebih banyak bahan bakar dari ruang bakar.
Choke valve digunakan saat mesin mobil dingin, karena pada saat itu mesin membutuhkan campuran bahan bakar yang lebih kaya untuk dapat hidup.
Ketika mesin sudah panas, choke valve harus dibuka kembali agar mesin dapat bekerja dengan normal.
Baca juga: Teknologi karburator yang mencegah hilangnya tenaga saat akselerasi mendadak adalah?
Selain choke valve, ada beberapa bagian lain dari karburator yang juga dapat mempengaruhi jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke lubang venturi, antara lain:
- Main jet: Saluran utama yang mengalirkan bahan bakar dari ruang bakar ke lubang venturi.
- Pilot jet: Saluran kecil yang mengalirkan bahan bakar saat mesin idle.
- Needle valve: Katup yang mengatur aliran bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.