Berikut ini yang bukan merupakan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkaya literasi dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu?

Berikut ini yang bukan merupakan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkaya literasi dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu?

A. Melakukan kurasi dan perjenjangan buku sesuai dengan kemampuan membaca peserta didik

B. Memajang teks sumber belajar (kutipan, infografis, poster, dll) di ruang kelas

C. Berdiskusi tentang konten buku bacaan tanpa waktu yang pasti

D. Melibatkan orang tua, peserta didik, dan warga sekolah lainnya dalam mengembangkan dan mengurasi koleksi buku pengayaan secara rutin

Jawaban:

C. Berdiskusi tentang konten buku bacaan tanpa waktu yang pasti

Baca juga: Untuk mendukung lingkungan kaya teks di satuan pendidikan, langkah yang bisa dilakukan guru cakap dan mahir yaitu?

Pembahasan:

Membaca merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dikuasai oleh setiap individu.

Kemampuan membaca yang baik dapat membantu seseorang untuk memahami informasi, belajar hal baru, dan mengembangkan potensi diri.

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan membaca yang sama.

Ada orang yang memiliki kemampuan membaca yang cepat dan mudah memahami isi bacaan, sedangkan ada juga orang yang memiliki kemampuan membaca yang lambat dan kesulitan memahami isi bacaan.

Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk membantu setiap individu mencapai potensi literasi mereka.

Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menerapkan strategi memperkaya literasi dalam pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.

Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk memperkaya literasi dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik:

1. Melakukan kurasi dan perjenjangan buku sesuai dengan kemampuan membaca peserta didik

Hal ini penting untuk memastikan bahwa peserta didik membaca buku yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Buku yang terlalu sulit dapat membuat peserta didik frustrasi dan kehilangan minat membaca, sedangkan buku yang terlalu mudah tidak akan membantu mereka mengembangkan kemampuan membaca mereka.

2. Memajang teks sumber belajar (kutipan, infografis, poster, dll) di ruang kelas

Hal ini dapat membantu peserta didik untuk belajar dari berbagai sumber dan meningkatkan minat baca mereka.

Teks-teks sumber belajar yang menarik dan informatif dapat membuat peserta didik ingin tahu lebih banyak tentang suatu topik.

3. Melibatkan orang tua, peserta didik, dan warga sekolah lainnya dalam mengembangkan dan mengurasi koleksi buku pengayaan secara rutin

Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan koleksi buku pengayaan di sekolah dan memastikan bahwa buku-buku yang tersedia sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

Orang tua dan warga sekolah dapat membantu menyumbangkan buku, merekomendasikan buku, dan membantu dalam kurasi buku.

4. Memberikan pilihan buku bacaan kepada peserta didik

Hal ini dapat membantu peserta didik untuk menemukan buku yang mereka sukai dan meningkatkan minat baca mereka.

Ketika peserta didik dapat memilih buku yang mereka sukai, mereka akan lebih termotivasi untuk membaca.

5. Menerapkan strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif tentang teks

Hal ini dapat membantu peserta didik untuk memahami teks dengan lebih baik dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Guru dapat menggunakan berbagai strategi pembelajaran, seperti diskusi, tanya jawab, dan proyek, untuk mendorong peserta didik untuk berpikir kritis tentang teks.

6. Memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada peserta didik tentang kemampuan membaca mereka

Hal ini dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka dan membangun kepercayaan diri mereka.

Guru dapat memberikan umpan balik secara lisan atau tertulis, dan mereka dapat fokus pada kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam membaca.

7. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk membaca

Hal ini dapat membantu peserta didik untuk fokus dan merasa nyaman saat membaca.

Guru dapat menyediakan tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca, dan mereka dapat menyediakan berbagai jenis buku untuk menarik minat peserta didik.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, guru dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

Previous Post Next Post