Selama setahun terakhir, Google menghadapi dua ancaman terbesar dalam 24 tahun sejarahnya: maraknya kecerdasan buatan generatif (generative AI) dan meningkatnya regulasi.
Kecerdasan buatan (AI) khususnya, telah mengguncang inti perusahaan: Google membuat perubahan besar pada pencarian, menyelaraskan tim Pencarian, Android, dan perangkat keras di sekitar AI, dan meluncurkan model AI Gemini sendiri untuk memanfaatkan peluang tersebut.
Para eksekutif Google menghentikan proyek dan memberhentikan karyawan untuk kembali fokus, dan kemarin, mereka mengumumkan dividen pertama kalinya dan pembelian kembali saham senilai $70 miliar bersamaan dengan laporan keuangan Q1 2024.
Setidaknya para investor puas: perusahaan induk Google, Alphabet, akhirnya secara resmi mencapai dan mempertahankan kapitalisasi pasar $2 triliun selama satu hari perdagangan penuh setelah sebelumnya pernah menyentuh angka $2 triliun pada November 2021.
Google adalah perusahaan publik keempat paling berharga di dunia, di belakang Nvidia ($2,2 triliun), Apple ($2,6 triliun), dan Microsoft ($3,0 triliun). Amazon saat ini berada di $1,8 triliun, dan Meta di $1,1 triliun.
Berbeda dengan Meta, yang harga sahamnya turun 10 persen setelah Mark Zuckerberg mengatakan butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan uang dari taruhan “besar-besaran” pada AI generatif, Google kemarin mengatakan mereka sudah menemukan beberapa cara kecil untuk menjualnya.
Misalnya, Google membantu pengiklan menargetkan orang dengan AI di alat Performance Max dan para pengiklan tersebut “63 persen lebih mungkin untuk mempublikasikan kampanye dengan kekuatan iklan yang baik atau sangat baik.”
Perusahaan juga mengatakan Discover Financial sedang meluncurkan alat AI ke hampir 10.000 agen call center dan Ikea mengalami peningkatan pendapatan dari “solusi bidding berbasis nilai”.
Dan meskipun belum berbicara tentang monetisasi jawaban AI di Google Penelusuran, CEO Sundar Pichai mengatakan, “…kami sangat yakin kami dapat mengelola biaya untuk melayani kueri ini.”
Untuk saat ini, Google mengatakan mereka tidak ingin terlalu mengganggu pencarian: “Kami diukur dalam bagaimana kami melakukan ini, dengan berfokus pada area di mana AI Generatif dapat meningkatkan pengalaman pencarian sambil tetap memprioritaskan traffic ke situs web dan pedagang,” kata Pichai.
Bisnis Google yang sudah ada tampaknya berjalan dengan baik: perusahaan menghasilkan keuntungan $23,7 miliar dari pendapatan $80,5 miliar, menurut laporan keuangan Q1 2024 yang dirilis kemarin.
Tidak hanya pendapatan yang 15 persen lebih tinggi dari tahun ke tahun – ini juga 14 persen lebih banyak keuntungan daripada yang dihasilkan selama kuartal liburan ketika pendapatan pencarian dan iklan keduanya sedikit lebih tinggi.
Meskipun Google mungkin telah mem-PHK lebih dari seribu karyawan untuk membantu meningkatkan keuntungan tersebut, tampaknya PHK mungkin telah melambat atau dihentikan sementara.
Laporan kuartal lalu menyebutkan bahwa Google menghabiskan $700 juta untuk PHK pada Januari saja, namun laporan Q1 yang baru menunjukkan Google hanya menghabiskan $716 juta untuk “pesangon dan biaya terkait” sepanjang Januari, Februari, dan Maret.
Pendapatan pencarian dan iklan Q1 masing-masing naik 14 persen dari tahun ke tahun, iklan YouTube naik hampir 21 persen, dan “langganan, platform, dan perangkat” naik 18 persen dari tahun ke tahun – sebagian besar karena langganan YouTube premium, kata kepala bisnis Google Philipp Schindler (jadi belum tentu penjualan Pixel 8).
Google mengatakan mereka juga meningkatkan kemampuannya untuk menantang TikTok dan Instagram Reels, dengan Schindler berbicara tentang bagaimana 50 persen lebih banyak kreator yang mengunggah video pendek YouTube Shorts dan bagaimana tingkat monetisasi Shorts telah meningkat 12 persen selama kuartal terakhir saja.
Google akan menyelenggarakan konferensi developer, Google I/O, pada 14 Mei.