Demam AI generatif sedang berlangsung, tetapi jangan berharap menghasilkan keuntungan dalam waktu dekat.
Itulah pesan CEO Meta, Mark Zuckerberg kepada investor selama panggilan untuk laporan pendapatan kuartal pertama perusahaan pada hari Rabu.
Baru saja menempatkan pesaing ChatGPT di berbagai tempat di Instagram, Facebook, dan WhatsApp, sebagian besar panggilan tersebut berfokus pada bagaimana tepatnya AI generatif akan menjadi usaha menghasilkan uang bagi Meta.
Perusahaan ini sudah cukup profitable, dengan pendapatan bersih yang tumbuh menjadi lebih dari $12 miliar dari pendapatan $36,5 miliar pada kuartal terakhir saja.
Namun, pertumbuhan pendapatannya diperkirakan akan melambat ke depannya. Pada saat yang sama, mereka mengeluarkan lebih banyak biaya daripada sebelumnya untuk AI dan metaverse.
“Secara historis, berinvestasi untuk membangun pengalaman berskala baru ini di aplikasi kami telah menjadi investasi jangka panjang yang sangat baik bagi kami dan bagi investor yang bertahan dengan kami,” kata Zuckerberg pada panggilan pendapatan kuartal pertama, menggambar analogi dengan peluncuran Stories dan Reels.
“Dan tanda-tanda awal di sini juga cukup positif. Tetapi membangun AI terdepan juga akan menjadi undertaking yang lebih besar daripada pengalaman lain yang kami tambahkan ke aplikasi kami, dan ini kemungkinan akan memakan waktu beberapa tahun.”
Dia mengatakan bahwa asisten Meta AI telah “dicoba” oleh “puluhan juta orang” sejak diluncurkan secara luas minggu lalu, meskipun itu sudah diduga mengingat betapa menonjolnya fitur tersebut sekarang di area seperti kotak pencarian Instagram.
Ujian sebenarnya adalah apakah Meta AI menjadi produk yang sering digunakan orang kembali dan apakah banyak orang yang ingin menggunakan asisten AI di aplikasi media sosial.
Ke depan, Meta melihat berbagai cara untuk memonetisasi asistennya, yang saat ini gratis untuk digunakan.
“Ada beberapa cara untuk membangun bisnis besar di sini, termasuk penskalaan perpesanan bisnis, memperkenalkan iklan atau konten berbayar ke dalam interaksi AI, dan memungkinkan orang untuk membayar untuk menggunakan model AI yang lebih besar dan mengakses lebih banyak perhitungan,” kata Zuckerberg.
“Dan di atas itu semua, AI sudah membantu kami meningkatkan engagement aplikasi, yang secara alami mengarah pada melihat lebih banyak iklan dan meningkatkan iklan secara langsung untuk memberikan nilai lebih.”
Dalam satu atau dua tahun ke depan, Zuckerberg menyarankan bahwa penggunaan Meta AI juga dapat meningkatkan kualitas iklannya yang menyiratkan bahwa perusahaan akan menganalisis cara orang menggunakan asistennya untuk lebih memahami apa yang ingin mereka beli.
Pendekatan ini menempatkan Meta pada jalur yang berbeda dari OpenAI, yang sejauh ini menolak iklan sebagai model bisnis demi langganan dan fokus perusahaan yang baru lahir.
Selain dari semua hal AI generatif yang dilakukan Meta, Zuckerberg optimis tentang kacamata pintar perusahaan dengan Ray-Ban.
Dia mengatakan pada panggilan itu bahwa mereka terjual habis dalam “banyak gaya dan warna” dan memuji AI multimodal perangkat yang baru-baru ini tersedia lebih luas.
“Dulu saya pikir kacamata AR tidak akan menjadi produk mainstream sampai kita memiliki tampilan holografik penuh,” katanya.
“Tapi sekarang tampaknya cukup jelas bahwa ada juga pasar yang berarti untuk kacamata AI yang modis tanpa layar.”
Sumber: The Verge