Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuh-tumbuhan disebut?

Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuh-tumbuhan disebut biofuel.

Biofuel adalah bahan bakar yang diproduksi dari sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti tumbuh-tumbuhan dan limbah organik.

Bahan bakar ini dapat digunakan sebagai alternatif dari bahan bakar fosil tradisional seperti bensin dan diesel.

Beberapa contoh biofuel meliputi biodiesel, bioetanol, dan biogas.

Penggunaan biofuel dianggap lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

Biofuel dapat diproduksi dari berbagai sumber biomassa seperti jagung, tebu, kacang-kacangan, dan limbah pertanian serta hutan.

Beberapa contoh biofuel yang umum digunakan adalah:

  • Bioetanol: Dibuat dari fermentasi tanaman seperti tebu, jagung, dan singkong. Bioetanol dapat dicampur dengan bensin untuk menggerakkan mesin kendaraan.
  • Biodiesel: Dibuat dari minyak nabati seperti minyak kelapa sawit, minyak kedelai, dan minyak rapeseed.
  • Biodiesel dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar solar untuk mesin diesel.
  • Biogas: Dibuat dari fermentasi limbah organik seperti kotoran ternak, sisa makanan, dan lumpur tinja. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk kompor, pemanas air, dan bahkan untuk menghasilkan listrik.
Previous Post Next Post