Wattpad Hapus Fitur Pesan Langsung, Prioritas Keamanan atau Kepentingan Bisnis?

Wattpad, platform publikasi komunitas akan menghapus kemampuan penggunanya untuk saling mengirim pesan langsung.

Mereka mengklaim fitur tersebut “hanya relevan untuk sebagian kecil” pengguna global.

Pengguna dapat mengakses pesan langsung mereka hingga 6 Mei.

Setelah itu, semua pesan yang ada akan dihapus dan fiturnya tidak lagi tersedia, menurut pusat bantuan Wattpad.

Saat ini tidak ada cara bagi pengguna untuk mengunduh pesan langsung mereka yang ada dan Wattpad mengatakan mereka tidak dapat mengambil data tersebut.

Fitur pesan langsung ini masih akan ada dalam kapasitas terbatas, hanya untuk Wattpad berkomunikasi dengan penulis.

Namun, perusahaan mencatat bahwa pengguna tidak akan dapat menanggapi pesan tersebut.

“Seiring berjalannya waktu, kami menemukan bahwa Pesan Langsung memiliki kegunaan terbatas untuk pembaca kami, dan perpesanan pribadi belum mendukung aspek komunitas dari platform kami,” bunyi posting blog yang diterbitkan oleh Wattpad pada hari Senin.

“Menyediakan forum terbuka, berkomentar lebih selaras dengan visi produk kami agar pembaca dapat terhubung melalui cerita yang luar biasa, berbagi ide, sudut pandang, dan pengalaman.”

Alasan Wattpad menghapus fitur ini memicu pertanyaan. Klaim bahwa pesan langsung tidak sesuai dengan “aspek komunitas” mungkin bukan satu-satunya alasan.

Laporan Forbes di tahun 2022 menggambarkan platform ini sebagai “kotak pasir bagi predator seksual,” dimana anak di bawah umur sering menjadi target pelecehan melalui fitur pesan Wattpad.

Penipuan, perundungan, dan pelecehan lainnya juga merupakan masalah yang terjadi melalui pesan langsung.

Wattpad, tersedia di web, iOS, dan Android, memiliki sekitar 94 juta pengguna per Agustus 2022 dan sangat populer di kalangan wanita muda dan remaja putri.

Fiksi penggemar, roman, dan fiksi remaja menduduki peringkat genre terpopuler.

Meskipun menghapus pesan langsung antar pengguna dapat meningkatkan keamanan platform untuk anak di bawah umur.

Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi tanggung jawab Wattpad dan melindungi reputasi mereka dari dampak pada kepentingan bisnis lainnya.

Penutupan yang akan datang ini membuat sedikit pengguna yang menggunakan fitur pesan Wattpad kecewa.

Postingan yang memprotes keputusan tersebut dapat ditemukan di seluruh media sosial, bersamaan dengan petisi yang menyerukan agar Wattpad tidak menghapus pesan pengguna yang ada.

Ini juga terjadi saat Archive of Our Own (AO3), platform lain yang populer untuk menampung fiksi penggemar yang dijalankan oleh Organization for Transformative Works (OTW), untuk sementara menonaktifkan kemampuan pengguna tak terdaftar untuk meninggalkan komentar karena “banjir spam yang kasar.”

Perwakilan komunikasi OTW, Claudia Rebaza, mengatakan bahwa sementara masalah spam telah terjadi sejak 2022, langkah tersebut didorong oleh pengguna yang sekarang menerima komentar dengan gambar eksplisit yang disematkan.

Tim sistem dan coding OTW saat ini sedang “mencari solusi jangka panjang,” dan lebih banyak informasi akan segera tersedia untuk pengguna AO3.

Situasi AO3 saat ini terkait komentar kasar seharusnya cukup menjadi peringatan bahwa Wattpad mungkin saja hanya memindahkan masalah mereka sendiri dari pesan pribadi ke utas komentar publik.

source: the verge

Previous Post Next Post