Akademis

Pemasangan saklar pada instalasi listrik rumah tangga tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah agar mudah dijangkau pengguna saat pengoperasian

Pemasangan saklar pada instalasi listrik rumah tangga tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah agar mudah dijangkau pengguna saat pengoperasian. Prinsip dasar instalasi listrik yang digunakan pada kasus tersebut? adalah?

A keamanan
B. keandalan
C. kemudahan
D. ekonomis

Jawaban:

C. kemudahan

Baca juga: Komponen pada sistem kelistrikan yang berfungsi untuk pengaman rangkaian saat terjadi hubungan pendek adalah?

Pembahasan:

Prinsip dasar instalasi listrik adalah untuk memberikan kemudahan penggunaan dan operasi yang nyaman bagi pengguna.

Pemasangan saklar tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah agar mudah dijangkau oleh pengguna saat pengoperasian, sehingga hal ini merupakan bagian dari aspek kemudahan dalam instalasi listrik.

Mengapa kemudahan menjadi penting?

  • Akses mudah untuk semua pengguna: Saklar yang dipasang dengan ketinggian yang pas bisa dijangkau oleh semua orang di rumah, tidak peduli tinggi badan mereka, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.
  • Keamanan tidak langsung terpengaruh: Meskipun keamanan (keamanan) penting dalam instalasi listrik, penempatan saklar pada ketinggian yang pas tidak secara langsung mempengaruhi hal tersebut. Prinsip keamanan lebih berkaitan dengan penggunaan bahan isolasi yang tepat, grounding, dan pelindung kelebihan beban.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)