Akademis

Pengguna listrik dalam suatu rumah tinggal dapat mengetahui besarnya daya listrik yang telah digunakan dengan melihat komponen?

Pengguna listrik dalam suatu rumah tinggal dapat mengetahui besarnya daya listrik yang telah digunakan dengan melihat komponen?

A. MCB
B. KWHmeter
C. sekering
D. sakelar​

Jawaban:

B. KWHmeter

Pembahasan:

kWh meter, atau Kilowatt hour meter, adalah alat ukur yang digunakan untuk menghitung besarnya energi listrik yang telah digunakan dalam satuan kWh (kilowatt hour).

Alat ini merupakan komponen penting dalam instalasi listrik di rumah tinggal, apartemen, dan bangunan lainnya.

KWHmeter digunakan untuk mengukur jumlah energi listrik yang telah digunakan dalam satuan kilowatt-hour (kWh).

Dengan melihat pembacaan pada KWHmeter, pengguna dapat mengetahui seberapa besar daya listrik yang telah digunakan dalam periode waktu tertentu.

Baca juga: Komponen pada sistem kelistrikan yang berfungsi untuk pengaman rangkaian saat terjadi hubungan pendek adalah?

Fungsi Utama kWh Meter:

  • Menghitung konsumsi energi listrik: kWh meter mencatat jumlah energi listrik yang digunakan dalam periode waktu tertentu, biasanya dalam bulan.
  • Menentukan tagihan listrik: Data konsumsi energi listrik yang diukur oleh kWh meter menjadi dasar untuk menghitung tagihan listrik bulanan Anda.
  • Memantau penggunaan energi: Dengan mengetahui konsumsi energi listrik, Anda dapat memantau pola penggunaan dan mencari cara untuk menghemat energi.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)