Akademis

Respon apa yang anda ingat dari guru anda, ketika menjadi murid tidak menjawab/diam saat diberikan pertanyaan?

Respon apa yang anda ingat dari guru anda, ketika menjadi murid tidak menjawab/diam saat diberikan pertanyaan?

Jawaban:

Guru saya selalu memberikan pandangan yang mendalam ketika mendiskusikan respons seorang murid yang mungkin tidak menjawab atau diam saat diberikan pertanyaan.

Menurut beliau, situasi tersebut tidak selalu menunjukkan ketidakmampuan murid dalam memahami materi, melainkan bisa disebabkan oleh sejumlah alasan yang bervariasi.

Baca juga: Mengapa Sebagai Guru PAUD Anda Harus Mempelajari Metode Pengembangan Sosial Emosional?

Pertama-tama, bisa saja murid tidak menjawab pertanyaan karena kurangnya pemahaman terhadap pertanyaan itu sendiri.

Kadang-kadang, pertanyaan yang diajukan oleh guru bisa terasa rumit atau ambigu bagi sebagian murid.

Dalam hal ini, guru saya selalu menekankan pentingnya komunikasi dua arah antara guru dan murid.

Beliau mendorong agar murid tidak ragu untuk meminta klarifikasi atau penjelasan tambahan jika merasa pertanyaan tidak jelas.

Selanjutnya, guru saya menyoroti bahwa diamnya seorang murid juga bisa disebabkan oleh kurangnya keyakinan dalam jawabannya.

Mungkin murid merasa ragu atau tidak yakin dengan jawaban yang ingin mereka berikan. Namun, guru saya melihat momen seperti ini sebagai peluang untuk pembelajaran yang lebih dalam.

Dengan mengakui ketidakpastian mereka, murid dapat membuka diri untuk belajar lebih banyak dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi yang sedang dipelajari.

Terakhir, guru saya menekankan bahwa diamnya seorang murid tidak selalu menandakan ketidakmampuan atau ketidakminatan dalam belajar.

Baca juga: Menurut anda mengapa mata kuliah ISBD menjadi penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi?

Dalam beberapa kasus, diam bisa menjadi refleksi dari ketidaktahuan yang jujur.

Guru saya percaya bahwa mengakui ketidaktahuan adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju pengetahuan yang lebih dalam.

Oleh karena itu, guru saya selalu mendorong murid untuk tidak merasa malu atau terjebak dalam diam, melainkan melihatnya sebagai kesempatan untuk bertanya lebih banyak atau melakukan penelusuran lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Alhasil, pandangan yang disampaikan oleh guru saya menyoroti pentingnya memahami berbagai alasan di balik respons seorang murid yang mungkin tidak menjawab atau diam saat diberikan pertanyaan.

Dengan memahami sumber ketidakjelasan atau ketidakpastian, guru dapat memberikan bantuan yang tepat kepada murid dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)