Akademis

Salah satu proses regulasi diri dalam fase aksi adalah pengendalian diri. Apa hal yang biasanya membuat Anda teralihkan dari tujuan/tugas?

Salah satu proses regulasi diri dalam fase aksi adalah pengendalian diri. Apa hal yang biasanya membuat Anda teralihkan dari tujuan/tugas?

Jawaban:

Beberapa hal yang biasanya dapat membuat seseorang teralihkan dari tujuan atau tugas antara lain:

1. Gangguan eksternal

Misalnya, suara bising, percakapan orang lain, atau kegiatan di sekitar yang mengganggu perhatian dan fokus pada tugas yang sedang dilakukan.

2. Media sosial dan teknologi

Notifikasi dari media sosial, pesan teks, atau panggilan telepon dapat mengalihkan perhatian seseorang dari tugas yang sedang dijalankan.

Baca juga: Dari hasil refleksi, murid dapat turut serta untuk menentukan piihan topik projek

3. Kurangnya motivasi

Ketika seseorang merasa tidak termotivasi atau kurang minat terhadap tugas yang sedang dijalankan, mereka cenderung lebih mudah teralihkan oleh hal-hal lain yang mungkin terasa lebih menarik atau menyenangkan.

4. Multitasking

Mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus dapat menyebabkan kurangnya fokus dan perhatian pada tugas yang seharusnya menjadi prioritas.

5. Stres atau kecemasan

Kondisi emosional seperti stres atau kecemasan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugas yang sedang dijalankan.

6. Kurangnya pengaturan waktu

Tidak memiliki jadwal atau rencana yang jelas dapat membuat seseorang cenderung teralihkan oleh hal-hal yang muncul secara tiba-tiba atau mengalihkan fokus dari tugas yang seharusnya dilakukan.

Pengendalian diri melibatkan kemampuan untuk mengenali faktor-faktor ini dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola atau mengatasi gangguan sehingga seseorang dapat tetap fokus dan produktif dalam mencapai tujuan atau menyelesaikan tugas yang ditetapkan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)