Akademis

Hans Kelsen mendefinisikan hukum tidak lain merupakan suatu kaidah ketertiban yang menghendaki orang menaatinya sebagaimana seharusnya

Hans Kelsen mendefinisikan hukum tidak lain merupakan suatu kaidah ketertiban yang menghendaki orang menaatinya sebagaimana seharusnya. Berikan pendapat saudara mengenai pernyataan di atas.

Jawaban:

Hans Kelsen, seorang ahli hukum Austria yang terkenal, mendefinisikan hukum sebagai “suatu kaidah ketertiban yang menghendaki orang menaatinya sebagaimana seharusnya.”

Meskipun singkat, pernyataan ini mengandung makna yang mendalam tentang hakikat hukum dan hubungannya dengan ketertiban dan kehendak.

Baca juga: Pada hakikatnya, sumber hukum dibagi menjadi sumber hukum materiil dan sumber hukum formil

Pandangan Kelsen:

Kelsen memandang hukum sebagai sistem norma yang terstruktur dan hierarkis.

Norma-norma ini saling terkait dan bergantung satu sama lain, dengan norma dasar (Grundnorm) sebagai fondasi dari seluruh sistem hukum.

Menurutnya, hukum tidak didasarkan pada moralitas atau nilai-nilai subjektif, melainkan pada keberlakuannya dan konsekuensinya bagi mereka yang melanggarnya.

Ketertiban dan Kehendak:

Ketertiban, menurut Kelsen, merupakan keadaan di mana perilaku manusia terarah dan terkendali oleh norma-norma hukum. Sementara kehendak mengacu pada keinginan atau kemauan individu untuk mematuhi hukum.

Pandangan Kelsen tentang hukum menekankan pentingnya ketertiban dan kepatuhan.

Baginya hukum berfungsi untuk menciptakan dan memelihara ketertiban sosial dengan cara mengatur perilaku manusia dan menentukan konsekuensi bagi pelanggarannya.

Pendapat Saya:

Saya setuju dengan Kelsen bahwa hukum memainkan peran penting dalam menciptakan dan memelihara ketertiban sosial.

Hukum memberikan kerangka acuan yang jelas tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, sehingga membantu mengurangi kekacauan dan anarki.

Namun, saya juga memandang bahwa hukum tidak hanya tentang ketertiban dan kepatuhan. Hukum juga harus berlandaskan pada keadilan dan moralitas.

Hukum yang tidak adil atau tidak bermoral pada akhirnya akan kehilangan legitimasinya dan tidak dapat ditegakkan secara efektif.

Baca juga: Bagaimana proses pembukaan rahasia bank untuk kepentingan tindak pidana pencucian uang?

Kesimpulan:

Definisi hukum Kelsen memberikan wawasan penting tentang sifat hukum sebagai sistem norma yang terstruktur dan hierarkis.

Namun, penting untuk diingat bahwa hukum juga harus berlandaskan pada keadilan dan moralitas agar dapat diterima dan ditegakkan secara efektif.

Penting untuk dicatat bahwa definisi hukum Kelsen bukanlah satu-satunya definisi yang ada. Ada banyak ahli hukum lain yang memiliki pandangan berbeda tentang hakikat hukum.

Mempelajari berbagai definisi ini dapat membantu kita memahami kompleksitas hukum dan perannya dalam masyarakat

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)