Tanah dikatakan subur jika tanah kaya akan?

Sastrawacana.id

Tanah dikatakan subur jika tanah kaya akan
Tanah dikatakan subur jika tanah kaya akan? (pixabay/

Tanah dikatakan subur jika tanah kaya akan?

a. mineral
b. serasah
c. air
d. organisme

Jawaban:

a. mineral

Pembahasan:Clear cache

Tanah dikatakan subur jika kaya akan mineral, karena mineral merupakan salah satu komponen penting dalam kesuburan tanah.

Mineral menyediakan nutrisi penting bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang, seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Meskipun pilihan lain seperti serasah, air, dan organisme juga penting untuk kesuburan tanah, mineral memiliki peran yang fundamental dalam menyediakan unsur hara yang esensial bagi tanaman.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Air Tanah? Ini Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Berikut penjelasan singkat mengenai peran pilihan lain:

  • Serasah: Serasah merupakan bahan organik yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang telah terurai. Serasah membantu meningkatkan struktur tanah, kemampuan menahan air, dan menyediakan nutrisi bagi tanaman.
  • Air: Air sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman. Air membantu melarutkan nutrisi dan mengantarkannya ke akar tanaman.
  • Organisme: Organisme tanah seperti cacing tanah, jamur, dan bakteri membantu menguraikan bahan organik dan menyediakan nutrisi bagi tanaman.

Namun, mineral tetap menjadi faktor utama yang menentukan kesuburan tanah karena menyediakan unsur hara yang esensial bagi tanaman dalam jumlah yang cukup.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Tanah dikatakan subur jika tanah kaya akan?” adalah a. mineral.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia

Tags